Logo Android (JIBI/Dok)

Android menjadi perangkat yang paling sering mengakses Internet.

Solopos.com, SAN FRANCISCO -- Perangkat telekomunikasi berbasis Android kini menjadi yang paling banyak dipakai untuk mengakses Internet. Sistem operasi yang dikembangkan Google itu menyalip Microsoft Windows sebagaimana dipaparkan StatCounter beberapa waktu lalu.

Dilansir Mashable, Selasa (4/4/2017), fakta ini mengungkap tren baru pengguna Internet yang mulai bergeser dari perangkat personal computer (PC) menjadi didominasi perangkat mobile.

Kenyataan ini juga cukup mengejutkan lantaran posisi puncak pengakses sebelumnya selalu dikuasai oleh Windows sejak tahun 1980-an. "Ini adalah sebuah pencapaian baru dalam sejarah teknologi, dan akhir dari sebuah era," ujar CEO StatCounter Aodhan Cullen dalam pernyataan resminya.

Namun keunggulan Android dari Windows ini masih sangat tipis, sekitar 0,02 persen, di mana Android Unggul dengan market share 37,93 persen, sementara Windows 37,91 persen. Data StatCounter ini berdasar dari 2,5 juta situs yang ada di seluruh dunia, yang biasanya mempunyai lebih dari 15 miliar pageview tiap bulannya.

Kebanyakan keunggulan Android ini berasal dari negara-negara berkembang, di mana pertumbuhan perangkat mobile sangatlah pesat. Dan di beberapa negara seperti Amerika Utara, Rusia dan sebagian besar Eropa, Android bahkan tidak masuk ke posisi 5 besar.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten