SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Hampir separuh pangsa pasar ponsel pintar atau smartphone kini dikuasai Android. Menurut perusahaan riset Canalys, sistem operasi yang dikeluarkan Google ini menguasai 48 persen pangsa pasar ponsel pintar. Dari 56 negara yang diriset oleh Canalys, sebanyak 35 negara menggunakan Android.

Dalam riset Canalys, seperti yang ditulis pcworld.com, selama kuartal kedua 2011 disebutkan hampir 52 juta ponsel pintar sudah menggunakan Android sebagai sistem operasi. Jumlah ini mengalami lonjakan hingga 379 persen bila dibandingkan tahun lalu. Sejak kuartal keempat 2010 Android telah menjadi platform yang paling banyak digunakan sebagai basis operasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesudah Android, Apple iOS juga menjadi platform yang berjaya pada kuartal kedua tahun ini. Canalys menyebutkan Apple sudah memasarkan 20,3 juta unit iPhone. Artinya ponsel buatan Apple itu menguasai 19 persen dari pangsa pasar global. Dengan perkembangan iPhone yang terus ekspansif, analis Canalys, Chris Jones, memprediksi Apple akan semakin kuat pada semester kedua tahun ini.

Penguasaan pasar ini membuat iPhone menggeser Nokia dengan platform Symbian di posisi kedua. Nokia yang dulu pamornya pernah berjaya kini terus mengalami penurunan penjualan.

Nokia kini bekerja sama dengan Microsoft meluncurkan ponsel dengan platform Windows untuk meningkatkan penjualan. Namun Canalys melaporkan kurang dari 1,5 juta ponsel smartphone berbasis Microsoft yang baru dikapalkan selama kuartal kedua.

Produsen BalckBerry, Research in Motion, juga bernasib buruk di Amerika Utara. Perusahaan asal Kanada itu mengalami penurunan pangsa pasar menjadi 12 persen, turun 33 persen dari tahun lalu. Namun secara global BlackBerry tetap tumbuh 11 persen dan menjadi vendor teratas di Amerika Latin dengan pangsa pasar 28 persen.

Menurut Canalys, BalckBerry masih mampu tumbuh secara signifikan terutama di negara seperti Indonesia dan Afrika Selatan. Di dua negara tersebut BlackBerry tetap menjadi vendor ponsel smartphone terkemuka.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya