SOLOPOS.COM - Logo Android (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Operating System (OS) Android berhasil menguasai pasar dunia mengalahkan iPhone Operating System (iOS) pada Apple. Apa rahasianya?

Sebuah perusahaan riset teknologi International Data Corporation (IDC) di Amerika Serikat mengeluarkan berita mengejutkan terkait hasil penemuan yang menyebutkan 81% dari smartphone di seluruh dunia menggunakan OS Android.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka ini melonjak drastis dari angka sebelumnya hanya sekitar 74,9%  pada periode sama tahun lalu.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (13/11/2013), Apple mengalami penurunan drastis. Pangsa pasar di seluruh dunia turun menjadi 12,9% dari sebelumnya 14,4%.

Alasannya cukup mengejutkan. iPhone terlalu mahal. Dalam harga jual rata-rata pada akhir tahun ini Apple rata-rata dijual dengan harga US$635 atau sekitar Rp7,3 juta, sedangkan ponsel yang memiliki OS Android rata-rata hanya dijual  US$268 atau sekitar Rp 3 juta saja.

“Harga itu (Iphone) menjadi sangat mahal ketika berada di negara berkembang seperti China dan India. Keputusan untuk membuat keputusan dalam memilih ponsel adalah tergantung pada di mana Anda tinggal dan berapa penghasilan yang Anda dapatkan,” ujar Ramon Llamas, seorang peneliti dari IDC.

Iphone merupakan produk premium yang memang lebih mahal dibandingkan jenis ponsel lainnya. Apple Iphone telah memiliki citra pasar tersendiri bagi mereka yang memang menginginkan produk yang lebih berkelas.

Seorang analisis senior analisis strategi Ken Hyers mengemukakan komentarnya ponsel juga memiliki persamaan dengan mobil, “Jika Samsung adalah Volkswagen, maka Apple sama halnya dengan Porsche. Mereka tak akan menjual mobil dengan kelas ekonomi. Tergantung dari strategi perusahaan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya