SOLOPOS.COM - Personel Kangen Band (Liputan6.com)

Solopos.com, SRAGEN — Somasi Andika Mahesa alias Andika Kangen Band kepada youtuber Tri Suaka dan Zinidin Zidan berujung pada hal tak terduga. Andika Mahesa bersama Kangen Band akhirnya dipilih jadi bintang utama konser Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen pada Mei 2022 mendatang.

Andika Kangen Band menggantikan Tri Suaka-Nabila yang dicoret dari daftar bintang utama konser oleh panitia Hari Jadi Sragen. Kontroversi Tri Suaka yang memarodikan sejumlah artis, salah satunya Andika Kangen Band, bersama Zinidin Zidan jadi penyebabnya. Video parodi itu menuai hujatan netizen dan sejumlah artis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Andika Kangen Band, yang juga dikenal dengan panggilan Babang Tamvan, tak terima diparodikan Tri Suaka. Ia pun mengajukan somasi sebelum Tri Suaka dan Zinidin Zidan akhirnya meminta maaf secara terbuka di media sosial.

Pemkab Sragen memutuskan memilih Kangen Band setelah melalui proses pembahasan yang berbelit dan disesuaikan dengan perhitungan anggaran yang ada. Selain itu ada 12 band lokal yang akan tampil sebagai pembuka konser tersebut yang dipilih secara selektif dari 27 band lokal yang ada di Sragen. Tak lagi tiga band lokal seperti yang direncanakan di awal.

Keputusan resmi Kangen Band sebagai pengganti Tri Suaka-Nabila itu diungkapkan Ketua Pelaksana Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen, Tugiyono, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Panitia Hari Jadi Sragen: Sheila on 7 Mahal, Ingin Undang Kangen Band

“Kemarin [Rabu, 27/4/2022] masih hitung-hitungan anggarannya. Hari ini [Kamis], kami sudah pastikan pengganti Tri Suaka-Nabila adalah Kangen Band. Untuk berapa tarifnya diserahkan ke EO [event organizer],” ujarnya.

Sementara perwakilan band lokal Sragen melakukan audiensi dengan Panitia Hari Jadi Sragen dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen terkait dengan rencana konser musik tersebut. Audiensi dilakukan di Lubby Cafe Sragen, Rabu malam.

Para perwakilan band lokal itu diterima perwakilan Panitia Hari Jadi Sragen 2022, Ilham Kurniawan dan Kabid Destinasi Pariwisata Disparpora Sragen, Y. Wahyu Aji Widodo.

Ilham menerangkan dalam audiensi itu intinya para personel band lokal meminta difasilitasi untuk bisa tampil dalam konser musik Mei mendatang.. “Akhirnya, disepakati waktu acaranya akan dimulai siang hari supaya bisa mengakomodasi para band lokal dari semua genre musik,” ujar Ilham.

Baca Juga: Konser Tri Suaka dan Nabila saat HUT ke-276 Sragen Terancam Batal

Ilham menyampaikan panitia memperkirakan ada 12 band lokal yang bakal tampil sebelum Kangen Band. Dalam audiensi itu dihadiri perwakilan musisi Sragen yang tergabung dalam Forum Musisi Sragen. Sejumlah musisi senior yang bergabung dalam audiensi itu terdiri atas, Arif Kethip, Dodi, Tatag Light, Arie, Benk, Gilang, Anton, dan Milana.

Salah satu musisi senior Sragen, Tatag Light, mengatakan bintang tamu sebelumnya, yakni Tri Suaka-Nabila, sudah fixed dibatalkan dengan konsekuensi uang muka hangus. Dia menerangkan karena memang pertimbangannya seperti yang lagi viral di media sosial dan yang berkembang di masyarakat terkait dengan parodi bintang tamu tersebut.

“Hingga Rabu malam itu bintang tamu penggantinya masih dalam proses dealing dan dalam waktu 2 hari diharapkan bisa ada hasilnya. Ternyata hari ini [Kamis] sudah ada keputusan bintang tamu penggantinya,” ujar Tatag.

Baca Juga: Tri Suaka dan Zidan Digugat Erwin Agam, Nilainya Rp10 Miliar

Dia melanjutkan untuk band atau talent lokal diupayakan bisa tampil dalam beberapa rangkaian acara Hari Jadi ke-276 Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya