SOLOPOS.COM - Peserta Touring All Yamaha Soul GT 125 meninggalkan Kantor DDS III, Jl. Pemuda, Kota Semarang, Minggu (5/4/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Anda hobi touring? beberapa tips menjinakkan jalan berliku dan tanjakan mungkin akan sangat membantu Anda.

 
Harianjogja.com, JOGJA — Banyak para bikers yang hobi touring teknik berkendara dengan aman. Salah satunya adalah menjinakkan jalan berbelok dan naik turun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut teknik melibas jalanan berberok dan naik turun yang disampaikan oleh Irfandi Achmad, Safety Riding Officer Astra Motor Papua, seperti dilansir dari laman Astramotor, Kamis (24/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

1. Mata atau arah pandangan ke arah yang dituju. Hal ini untuk mengetahui kondisi di area yang akan dituju, atau mendapatkan informasi di sekitar area yang dituju.
Karena jarak pandang terbatas saat menikung, maka kemungkinan akan bertemu dengan objek lain yang tidak terlihat harus diwaspadai.

2. Jangan sampai terkejut, saat menjumpai obyek atau kendaraan lain.
3. Anda harus kontrol kecepatan, disebabkan bagian roda kendaraan yg menempel di permukaan jalan lebih sedikit bila dibandingkan saat di jalan lurus.
4.Jangan menambah kecepatan, atau mengurangi secara mendadak. Sebab, kendaraan akan menjadi tidak stabil. Saat akan memasuki tikungan kurangi kecepatan, kemudian menikung dengan kecepatan yang konstan, dan tambah kecepatan saat keluar dari tikungan.
5. Perhatikan postur tubuh saat menikung juga perlu diperhatikan.

Ada beberapa teknik postur tubuh saat menikung, atau berbelok.
1. Lean With The Bike, yaitu kemiringan tubuh mengikuti kemiringan motor saat menikung atau berbelok.

2. Lean in, biasanya dipakai saat kendaraan dalam keadaan kecepatan tinggi kemiringan tubuh lebih miring dari sepeda motornya.

3. Dan, lain hal nya bagi pengguna motor traill (Cross) cenderung melawan kemiringan sepeda motor atau biasa di sebut lean out.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya