SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertengkaran dengan pasangan (magforwomen.com)

Harianjogja.com, JAKARTA-Cemburu merupakan perasaan yang wajar. Itu tanda bahwa Anda takut kehilangan kekasih. Namun, bukan berarti perasaan cemburu Anda jadi berlebihan, hingga melarang hal-hal yang ingin dilakukan kekasih.

Tidak ada pria yang betah bila terus dicurigai. Nah, daripada si dia ilfil dan muak dengan sikap Anda, sebaiknya mulailah mengubah sikap dan cara pandang Anda. Berikut ini cara agar tidak mudah tersulut api cemburu dan perasaan curiga, seperti dikutip wolipop.com:

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

1. Jangan Langsung Menuduhnya
Ketika si dia meeting dengan klien wanita, Anda langsung menuduhnya selingkuh. Hal tersebut bisa menyulut emosinya. Sebaiknya ketahui situasi dan kondisi sebelum Anda menuduh dan marah-marah terhadapnya. Ingat, tidak semua hal bisa Anda cemburui.

Ekspedisi Mudik 2024

2. Stop Berkhayal
Orang yang merasa cemburu, biasanya mulai memikirkan yang tidak-tidak tentang pasangannya. Jika si dia sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda selingkuh atau hal-hal aneh lainnya, khayalan-khayalan ini malah bisa membuat Anda semakin dikuasai rasa cemburu.

3. Tidak Membandingkan Diri dengan Wanita Lain
Jika terus membandingkan diri dengan wanita lain, maka tidak akan pernah ada habisnya. Anda akan selalu merasa kurang dari mereka dan hal tersebut membuat Anda semakin terpuruk. Bangunlah kepercayaan diri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda suka. Ketika Anda memiliki hobi atau berprestasi dengan hobi tersebut, maka Anda akan lebih PD.

4. Tuliskan Daftar Kualitas Diri
Tuliskanlah kelebihan-kelebihan Anda, sehingga bisa membuat Anda lebih percaya diri. Tuliskan juga segala sesuatu yang membuat dia dan Anda saling mencintai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan Anda bahwa ia mencintai Anda dan Anda tidak memiliki alasan untuk cemburu dengan teman wanitanya tersebut.

5. Komunikasi
Komunikasi adalah kunci untuk mengatasi kecemburuan. Apapun kecurigaan Anda pada pasangan, katakan! Katakan apa saja yang membuat Anda merasa cemburu dan jelaskan bagaimana kecemburuan itu berefek negatif pada Anda. Misalnya saja, Anda bisa mengatakan pada pasangan: “Aku cemburu jika kamu pergi dengan teman-teman kamu hampir setiap malam, tapi aku tidak pernah diajak. Aku merasa kamu menyembunyikan sesuatu.”

Setelah mengatakan hal tersebut, dengar dulu baik-baik apa penjelasan pasangan. Biasanya si dia, kalau memang tidak berbuat macam-macam, akan memberikan penjelasan yang sebenarnya, sehingga bisa membuat Anda tenang.

6. Berhenti Mengecek Social Medianya
Coba hilangkan prasangka buruk pada pasangan. Mulailah dengan tidak memeriksa telepon atau akun social media-nya seperti Facebook dan Twitter. Terkadang, Anda malah sering kecewa bila tidak menemukan sesuatu. Banyak wanita menganggap, bila menemukan ‘sesuatu’ di social media, itu seperti sebuah pencapaian karena Anda bisa memergokinya. Padahal belum tentu apa yang dilihat itu benar, jangan-jangan itu hanya kecurigaan Anda saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya