Solopos.com, JAKARTA -- Pidato Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Visi Indonesia di Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (14/7/2019) malam, menyebutkan sejumlah cita-citanya dalam pembangunan. Dalam pidato itu, Jokowi menyebutkan tiga ancaman bagi birokrasi yang menghambat kemajuan.

1. Kejar dan Hajar Penghambat Investasi

"Kita harus mengundang investasi yang seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan kerja. Jangan ada yang alergi terhadap investasi karena dengan cara ini lapangan kerja akan terbuka. Oleh sebab itu yang menghambat investasi, harus dipangkas. Baik itu yang berbelit-belit, apalagi yang ada punglinya. Hati hati ke depan akan saya pastikan akan saya kejar."

"Akan saya kejar, akan saya kontrol akan saya cek dan akan saya hajar kalau diperlukan. Tidak ada lagi hambatan-hambatan investasi karena ini adalah kunci pembuka lapangan kerja seluas luasnya."

2. Copot Jabatan

"Yang keempat sangat sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi kita. Reformasi struktural agar lembaga kita semakin simpel. Ini juga hati hati kalau pola pikir kalau mindset birokrasi tidak berubah saya pastikan akan saya pangkas."

"Tolong ini dicatat karena kecepatan melayani, kecepatan memberikan izin menjadi kunci birokrasi kita. Akan saya cek sendiri akan saya kontrol sendiri begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas dan saya copot pejabatnya."

3. Bubarkan Lembaga

"Oleh sebab itu untuk menteri-menteri yang berani, kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, sekali lagi kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah saya pastikan akan saya bubarkan."


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten