SOLOPOS.COM - Asteroid 2000 EM26 (ilustrasi/istimewa)

Ancaman asteroid kali ini diungkap NASA melalui ilustrasi video.

Solopos.com, WASHINGTON — Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali mengungkap pergerakan asteroid yang bakal menuju bumi. Lewat sebuah rekaman video, NASA memperlihatkan gerak-gerik asteroid yang bakal menuju bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam video itu, NASA memperlihatkan ilustrasi asteroid dengan ukuran besar terbang melintasi bumi dengan jarak yang cukup dekat, yakni 1,5 juta mil (sekitar 2,4 juta kilometer).

Dilansir Sofpedia seperti dikutip Solopos.com dari Liputan6, Rabu (29/7/2015), NASA menjelaskan bahwa asteroid yang bernama “2011 UW-158” tersebut memang tidak akan jatuh ke Bumi.

Hanya saja, jarak terbang asteroid tersebut memang sudah begitu dekat. Peristiwa ini terjadi pada Senin kemarin pukul 07.37 pagi berdasarkan satuan waktu standar pasifik (PST).

Terkait ukurannya yang memang besar, NASA hanya bisa mengungkap bahwa asteroid tersebut memiliki ukuran sekitar seribu sampai dua ribu kaki (300 sampai 600 meter).

Dengan bantuan penampakan asteroid di video tersebut, NASA mencoba untuk mempelajari bentuk dan tekstur bebatuan yang ada di benda alami luar angkasa itu. Terungkap, asteroid besar ini memiliki bentuk yang cukup teratur dan juga memiliki rotasi yang bergerak cepat.

“Asteroid ini bergerak begitu cepat, ini artinya objek tersebut memiliki daya kemampuan mekanik yang lebih besar jika dibandingkan asteroid lain yang seukuran dengannya,” kata salah seorang astronom NASA, Rabu (29/7/2015).

Ia melanjutkan, jika dilihat dari orbitnya, Asteroid 2011 UW-158 ini akan kembali terbang ke arah lintasan terdekat dengan Bumi dalam waktu 93 tahun lagi. Jika Anda penasaran seperti apa bentuk 2011 UW-158, Anda bisa saksikan langsung di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya