SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010 – 2015 Anas Urbaningrum memberi isyarat, bahwa Ibu Negara Ani Yudhoyono memenuhi syarat maju menjadi calon presiden 2014.

“Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) menegaskan tidak mempersiapkan ibu negara untuk jadi (calon presiden) 2014. Tapi kami juga ingin mengatakan aspirasi itu tetap hidup. Saya tidak ingin menutup kemungkinan itu,” kata Anas dalam wawancara khusus dengan Tempo di Hotel Geulis, Bandung, Selasa (25/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, isu tersebut akan dibahas di Majelis Tinggi. Apakah dari kader Partai Demokrat atau nonpartai, lanjut Anas, baru relevan dibahas diawal 2013. Sementara mengenai target Partai Demokrat pada 2014, Anas mengatakan, akan mengejar target 30 persen kemenangan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kongres sudah menetapkan rekomenasi politik. Tugas kami melaksanakan rekomendasi tersebut,” ungkap Anas. Dia mengaku percaya tren Partai Demokrat sedang menanjak. “Kalau kami bisa menjaga momentum itu, maka kami mencapainya.”

Sehubungan dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengatakan salah satu wewenang yang dimiliki majelis adalah membatalkan pleno dewan pimpinan pusat partai.

Hal itu, menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, tak beda dengan era orde baru. “Yudhoyono sama seperti Soeharto, yang menjadi pucuk pimpinan Golkar zaman Orde baru,” kata Arbi.

Alasannya, kewenangan yang dipegang majelis tinggi, dengan Yudhoyono sebagai ketuanya, kelewat besar. “Sembilan orang menentukan kebijakan partai, dari memilih calon presiden, calon partai koalisi, calon gubernur sampai calon legislatif.”

tempointeraktif/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya