Real Madrid (Reuters-Sergei Karpukhin)

Solopos.com, MADRID — Real Madrid baru saja melewati musim 2018/2019 dengan sangat mengecewakan. Los Blancos nirgelar setelah gagal bersaing di Liga Spanyol, Liga Champions, maupun Copa del Rey. Luka Modric dkk. bahkan mencatat perolehan angka terendah di kompetisi domestik dalam 17 tahun terakhir setelah hanya mengumpulkan 68 poin dari 38 pertandingan.

Bandingkan dengan sang rival, Barcelona, yang sukses meraih 87 poin untuk merebut takhta Liga Primera Spanyol. Artinya, ada jarak 19 poin antara dua klub yang dijuluki Duopoli karena kerap mendominasi kasta tertinggi di Spanyol tersebut. Dilansir Marca, Senin (20/5/2019), selisih sejauh itu belum pernah terjadi sepanjang rivalitas Madrid-Barca.

Penunjukan Zinedine Zidane menggantikan Santiago Solari di tengah musim terbukti tak mampu mengangkat performa Madrid. Faktanya, Karim Benzema dkk. justru mengalami penurunan ketika dilatih Zidane ketimbang Solari.

Dari 11 laga yang dijalani di kompetisi domestik, pelatih berkepala plontos itu hanya mempersembahkan lima kemenangan. Persentase kemenangan Zidane berada di angka 45,4%. Dengan kata lain torehan tersebut hanya mampu membuat Madrid berada di posisi delapan klasemen.

Bandingkan dengan Solari yang mampu mencatat 12 kemenangan dari 17 laga atau 70,5%. Persentase kemenangan itu masih cukup untuk membawa Los Merengues berada di posisi runner up. Performa Zidane justru 11-12 dengan pelatih pertama Madrid musim ini, Julen Lopetegui, yang hanya memetik empat kemenangan dari 10 pertandingan 40%.

Zidane pun memastikan bakal ada perubahan besar di skuat tim musim depan menyusul hasil kurang impresif di musim 2018/2019. Sejumlah pemain yang performanya dianggap menurun siap dilego. Namun Zidane mengingatkan perombakan Madrid di musim depan tidak lantas bakal menciptakan hasil yang instan.

“Ini bukan musim buruk yang pertama dalam sejarah klub. Setelah buruk, datanglah baik. Namun kami jangan sampai melupakan musim ini, kami harus memilikinya untuk mempersiapkan musim berikutnya. Kami akan mempersiapkan pramusim dengan sangat baik dan membuat fans gembira lagi,” janji Zidane seperti dilansir AS


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten