SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Gempa dan tsunami di Mentawai telah merenggut ratusan jiwa. Tak sedikit pula anak-anak yang kehilangan orang tuanya. Untuk meredam trauma mereka, sebaiknya ada pihak yang mengadopsinya.

“Anak-anak yang hilang keluarganya harus segera dikasih orang tua angkat. Bukan hanya adopsi, tapi ada orang yang mengurus dan memperhatikannya,” kata psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati Rani I Noe’man, Senin (1/11).

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Menurut Rani, anak-anak yang ditinggal keluarganya akan mengalami trauma yang luar biasa jika tidak segera diberi perhatian khusus. Gangguan yang muncul juga bisa menimbulkan depresi.

“Bisa tiba-tiba bangun malam-malam lalu takut, kaya orang depresi. Malah ada orang yang sampai dewasa malah asyik dengan boneka, dan merasa bisa ngobrol dengan boneka itu,” paparnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Rani menyarankan agar dilakukan terapi khusus bagi anak-anak korban bencana. Sebab, tanpa ‘pengobatan’ khusus, trauma tersebut akan terus berada di alam bawah sadarnya.

Menurut Rani, ada beberapa cara terapi yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Misalnya Cognitive Behaviour Therapy (CBT), metode yang bisa digunakan pada anak agar lupa dengan peristiwa bencana di masa lalu.

“Anak itu disadarkan kembali kepada hari ini. Dan dikasih tahu kalau kemarin sudah nggak ada lagi bahayanya,” tambah Rani.

Selain itu, ada terapi yang mengajarkan si anak agar mencari pilihan atas situasi yang terjadi. Hal ini bisa dilakukan oleh para relawan dengan teknik pertanyaan tertentu.

“Yang penting adalah dikeluarkan perasaannya. Jiwa traumanya harus dipindahkan,” lanjutnya.

Bagi Rani, memindahkan anak dari lokasi bencana juga bisa membantu proses penyembuhan trauma. Namun itu bukan solusi satu-satunya. Perhatian dari lingkungan sekitar justru menjadi hal pokok dalam rangka memperbaiki kondisi psikologis anak.

“Kalau mau adopsi juga harus betul-betul paham cara mengurusnya. Dia harus melewati dulu proses traumanya,” tutup Rani.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya