Anak Usia Lima Tahun ke Atas Boleh Masuk Mal & Area Publik Lain di Solo

Pengelola menerapkan protokol kesehatan Covid-19, para pengunjung mendapatkan pengawasan oleh satuan keamanan yang bersiaga dari pintu.

 Situasi terkini Mal Solo Paragon, Jumat (22/5/2020) (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto).

SOLOPOS.COM - Situasi terkini Mal Solo Paragon, Jumat (22/5/2020) (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto).

Solopos.com, SOLO - Selama dua pekan terakhir mal dan area publik tidak menerima kunjungan anak-anak dan warga lanjut usia. Sebelumnya, larangan kunjungan anak-anak tertuang pada Perwali No.10 Tahun 2020 untuk melindungi warga rentan terpapar Covid-19 di area publik.

Cegah Covid-19, Hewan Ternak di Sragen Diperiksa secara Door to Door

PromosiTantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Namun, area publik mulai mendapatkan kunjungan dari anak-anak usia lebih dari lima tahun, Selasa (23/6/2020) atau sejak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memberikan pelonggaran dengan Surat Edaran (SE) No.067/1165 tentang Perubahan Atas Pedoman Teknis Pelaksanaan Penanganan Covid-19. Pelonggaran tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com ruang publik yang sudah menerima kunjungan anak-anak berusia di atas lima tahun antara lain, Pasar Jongke, Solo Grand Mall (SGM), dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Anak-anak datang dengan pendampingan orang tua dan memakai masker untuk mengantisipasi paparan virus corona.

Di SGM, pengelola menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Para pengunjung mendapatkan pengawasan oleh satuan keamanan yang bersiaga dari pintu masuk hingga pengawasan pengunjung di dalam gedung dengan berkeliling.

Keren! Keluarga Indekos di Pundungan Klaten Terima Bantuan dari Perantau

Kedatangan Anak-Anak Diawasi

Satuan keamanan yang memakai pelindung wajah tersebut mengawasi kedatangan anak-anak berdasarkan pantauan fisik. Mereka mencegah anak berusia di bawah lima tahun dengan menunjukkan SE Wali Kota terbaru.

Belasan anak-anak hingga remaja banyak melakukan aktivitas di toko aksesoris serta food court. Sementara kondisi meja dan kursi yang tersedia di food court hampir dipenuhi pengunjung yang makan siang.

Public Relationship SGM, Ni Wayan Ratriana, menjelaskan SGM mengikuti peraturan baru yang berlaku dari Pemkot Solo. Walaupun ada pelonggaran dari Pemkot Solo yang bersifat uji coba, SGM justru meningkatkan pengawasan untuk memastikan anak di bawah lima tahun,ibu hamil, dan warga lanjut usia tidak masuk area mal.

Indikasi SKD Palsu di PPDB Jateng, Ganjar Ancam Seret ke Penjara

“Semenjak pandemi Covid-19 seluruh area permainan dan bioskop tutup. Ada peraturan baru [pelonggaran] kondisi mal mulai ramai tetapi tidak seramai waktu sebelum Covid-19. Ibu-ibu belanja biasanya menitipkan anak dengan bayar sekali wahana permainan di lantai dasar dan lantai tiga sepuasnya. Sekarang enggak bisa,” paparnya.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan mulai menerima kunjungan warga berusia lima tahun sampai 60 tahun dengan menunjukkan data diri, seperti kartu identitas anak, kartu keluarga, dan akte kelahiran. Jumlah anak-anak berusia lebih dari lima tahun yang berkunjung sebanyak empat orang hingga pukul 13.30 WIB.

Pada SE No.067/1165 tentang Perubahan Atas Pedoman Teknis Pelaksanaan Penanganan Covid-19 dijelaskan dasar SE tersebut dari Surat Keputusan Presiden Republik, Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional; Keputusan Menteri Kesehatan Rapublik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat diTempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19; Serta Perwali No.10 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanganan Covid-19 di Kota Solo, dan SE Wali Kota Solo No. 067/1078 Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Penanganan Covid-19 di Kota Solo.

Pasien Covid-19 Asal Cawas Klaten Meninggal Dunia

Menurut Perwali No.10 Tahun 2020 anak merupakan seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak dalam kandungan. Sementara SE terbaru menjelaskan pelarangan anak-anak di bawah usia lima tahun, ibu hamil, dan lansia untuk memasuki pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat wisata, dan tempat bermain.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.