SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sydney–Perilaku anak yang emosional dan pemarah juga dapat dilihat dari pandangan matanya.

Studi menunjukkan bahwa anak yang sering menghindari kontak mata dengan orangtua merupakan pertanda anak agresif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penelitian dari University of New South Wales menemukan bahwa kontak mata pada anak dapat menunjukkan sifatnya.

Anak yang sering menghindari kontak mata dengan orangtua cenderung memiliki sifat agresif, emosional, pemarah dan antisosial.

Ekspedisi Mudik 2024

Temuan ini bisa lebih menekankan pada orangtua tentang pentingnya kontak mata pada anak. Kontak mata bisa melambangkan kasih sayang orangtua yang dapat membantu perkembangan otak anak.

“Otak yang sehat dapat diketahui dari isyarat biologis tubuh dan sorotan mata kepada orang lain. Dan anak yang sering menghindari kontak mata cenderung lebih agresif,” kata Profesor Mark Dadds dari School of Psychology, University of New South Wales, Sydney, dilansir Medindia, Sabtu (27/11).

Menurut Prof Dadds, anak yang agresif ini biasanya memiliki emosi yang ‘panas’. Anak agresif lebih cenderung impulsif, emosional dan sangat sedikit memiliki rasa empati.

“Bila dibiarkan hingga dewasa, anak agresif bisa terlibat dengan tindakan yang lebih serius, seperti tindakan kekerasan, suka minum alkohol dan Narkoba, atau bahkan melakukan tindakan kriminal,” jelas Prof Dadds lebih lanjut.

Dalam penelitian ini, tim yang dipimpin Prof Dadds menggunakan perangkat pelacak mata dan kamera video untuk merekam berapa banyak kontak mata yang terjadi antara anak dan orangtua.

Subjek dalam penelitian ini adalah 100 anak Inggris dan Australia usia 16 tahun yang didiagnosa dengan Oppositional Defiant Disorder (ODD), yaitu gangguan anak suka melawan ditandai dengan memiliki kecenderungan untuk terus-menerus marah atau berdebat.

Hasilnya, anak dengan ODD lebih jarang melakukan kontak mata dengan orangtua ketimbang anak yang normal.

“Orangtua yang memiliki anak ODD sebaiknya harus menunjukkan strategi yang positif. Penelitian lain menunjukkan bahwa gaya, stabilitas dan kualitas pengasuhan memiliki dampak yang relatif kecil terhadap perkembangan anak ODD. Untuk itu, dokter, konselor dan ahli perkembangan anak dapat membantu mempelajari strategi khusus untuk mengatasi ODD,” saran Prof Dadds.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya