SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak batuk. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Apakah anda pernah menemui anak yang selalu batuk saat bangun tidur di pagi hari? Ternyata ada beberapa faktor yang memungkinkan kondisi itu muncul. Orang tua perlu untuk memperhatikan hal ini.

Pada Health Talk yang disiarkan Rumah Sakit (RS) JIH Solo dengan tema Udara Memburuk, Berdampak Pada Anak!, sempat muncul pertanyaan mengenai kondisi anak yang selalu batuk setiap kali bangun tidur di pagi hari.
Menurut Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A., M.Kes., untuk memastikan kondisi yang terjadi pada anak, perlu diperhatikan beberapa hal.

“Kalau sering dan lama, timbul secara periodik, kemudian hilang sendiri, itu bisa jadi bagian dari alergi,” kata dia.
Namun perlu juga memastikan apakah anak tersebut memiliki potensi terpapar udara, untuk memastikan jika hal itu disebabkan oleh udara yang buruk.

Menurut dr. Husnia, batuk di pagi hari juga bisa jadi sebagai gejala dari asma. Sebab menurutnya salah satu gejala dari asma adalah patuk di pagi hari atau malam hari. Sedangkan pada siang hari, gejala tersebut mereda. Hal itu bisa terjadi karena biasanya kondisi pada pagi atau malam hari akan lebih dingin dari pada siang hari.

“Penyebab asma sebenarnya bagian dari alergi. Kalau bahan polutannya itu ada alergen yang bisa membuatnya alergi, ya bisa muncul asmanya. Tapi kalau tidak ada alergennya maka asmanya tidak muncul,” jelas dia.

Tapi dia memastikan penyebab dari asma juga beragam, jika dilihat dari alergennya. Dimana alergen itu bisa muncul dari polusi udara, bisa juga dari makanan atau lainnya.

Mengenai potensi asma pada anak untuk bisa sembuh, menurutnya ada. Dengan bertambahnya usia anak, kemudian semakin menguatnya imun dalam tubuhnya, harapannya kondisi anak semakin membaik dan asma tersebut bisa menghilang.
Namun untuk memastikan kondisi kesehatan anak, ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ahli.

Rekomendasi
Berita Lainnya