Anak Sapi Selamat Setelah Jatuh ke Sumur Sedalam 10 Meter di Polokarto Sukoharjo
Sejumlah anggota SAR Sukoharjo mengevakuasi anak sapi yang tercebur sumur sedalam 10 meter di Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Jumat (14/2/2020). (Istimewa/Muchlis)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Petugas pemadam kebakaran (damkar) Sukoharjo berjibaku menyelamatkan seekor anak sapi seberat 1,5 kuintal milik Wiyono, warga RT 002/RW 002, Dusun Karangrejo, Desa Kemasan, Polokarto, Sukoharjo, yang tercebur sumur sedalam 10 meter, Jumat (14/2/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Proses evakuasi sapi itu menggunakan mobil damkar untuk menggelontor air ke sumur. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sapi berumur enam bulan itu keluar dari kandang di belakang rumah Wiyono.

Terdapat sumur sedalam 10 meter di samping kandang sapi. Sumur itu tak lagi digunakan Wiyono maupun warga setempat. Anak sapi itu terperosok dan jatuh ke sumur.

Agenda Presiden Jokowi 14-15 Februari di Jogja Hingga Wonogiri

Kala itu, Wiyono tengah menunaikan Salat Jumat di masjid desa setempat. Setiba di rumah, Wiyono memeriksa kandang sapi. Dia kaget lantaran anak sapinya hilang di kandang.

“Wiyono lantas mencari anak sapi di sumur. Saat ditemukan, anak sapi itu tak bisa bergerak di dasar sumur,” kata Wakil Komandan SAR Sukoharjo, Muchlis, kepada Solopos.com, Jumat.

Bukan 23 Februari, Ini Tanggal Penentuan Gibran Rakabuming & Purnomo di Pilkada Solo

Warga setempat lantas menghubungi SAR Sukoharjo dan Damkar Satpol PP Sukoharjo untuk mengevakuasi sapi di sumur. Tak berapa lama kemudian, anggota SAR dan petugas damkar mendatangi lokasi kejadian untuk mengevakuasi anak sapi yang tercebur sumur.

Proses evakuasi anak sapi dilakukan dengan menggelontor air ke sumur sehingga ketinggian air sumur naik sampai bibir sumur.

“Satu unit mobil damkar dikerahkan untuk mengevakuasi sapi yang tercebur sumur. Proses evakuasi berlangsung sekitar 20 menit. Sekarang anak sapi sudah dievakuasi dan tidak mati,” ujar dia.

Bawa Mobil Hello Kity, Residivis di Sragen Kejar-Kejaran Tabrak Calya Polisi

Kejadian ini bukan kali pertama di Sukoharjo. Peristiwa serupa pernah terjadi pada 2017 lalu.

Kala itu, sapi seberat lima kuintal tercebur sumur di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo. Sapi milik Kasino itu berlari-lari di pekarangan rumah dan terperosok ke dalam sumur.

Kejadian itu sontak menghebohkan warga setempat. Sapi dievakuasi dari dalam sumur dengan menggelontor air ke sumur.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho