Tutup Iklan

Anak Perusahaan Semen Gresik Catatkan Kinerja Positif di Tahun 2020

Seperti visi awal, anak perusahaan Semen Gresik, SMOR, adalah aktivitas community development model baru yang diharapkan lebih sustainable.

 Menteri BUMN RI, Erick Tohir menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendirian PT SMOR. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri BUMN RI, Erick Tohir menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendirian PT SMOR. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG — Perusahaan patungan milik PT Semen Gresik (SG) bersama enam PT BUMDes di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) berhasil menorehkan capaian positif di tahun tutup buku 2020. SMOR merupakan salah satu anak perusahaan Semen Gresik.

Capaian ini tersampaikan dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akhir Juni 2021 lalu. Meskipun baru beroperasi komersial efektif enam bulan pada 2020, SMOR telah mampu membukukan laba bersih dibandingkan dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) mencapai 170% dari total nilai pekerjaan sebesar Rp9,6 miliar.

RUPS juga memutuskan agar 15% dari hasil laba tersebut dibagikan sebagai dividen untuk pemegang saham (enam PT BUMDes dan PT SG). Adapun SG berkomitmen sejak awal untuk mengembalikan 100% deviden yang didapatkan kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program pemberdayaan secara langsung.

Baca Juga: Respons Cepat Penanggulangan Covid-19, SG Bagikan 12.500 Paket Prokes untuk Masyarakat Rentan

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan dalam penguatannya agar terus terbangun sinergitas dan ekosistem yang baik antar-BUMN dengan pemerintah, perusahaan swasta, BUMD, hingga BUMDes. Hal ini disampaikan agar kemajuan perekonomian negara terus berkembang dan secure (aman).

“Proyek-proyek strategis seperti ini harus tetap kita jalankan, karena untuk menjadikan Indonesia kuat ke depannya,” imbuh Erick Tohir dalam kata sambutan penandatanganan perjanjian kerja sama pendirian perusahaan PT SMOR, pada Jumat, 9 April 2020 lalu.

Anak perusahaan Semen Gresik 2
Bupati Kabupaten Rembang menyaksikan penandatanganan Pendirian Perusahaan Patungan antara PT SG dan 6 PT BUMDes (PT SMOR) yang secara langsung ditandatangani oleh Direktur Utama PTSG dan salah satu direktur PT BUMDes. (Istimewa)

Selain itu, pendirian PT SMOR pun mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang berharap agar bisa memberikan manfaat finansial dan sosial bagi kesejahteraan masyarakat desa di sekitar pabrik Rembang.

”Di tengah tantangan pandemi, kami bersyukur SMOR mampu memperoleh keuntungan, dan membagi dividen dalam bentuk tunai kepada enam PT BUMDes sebagai apresiasi kepada pemegang saham,” kata Direktur PT SMOR Syaicul Amin, dalam siaran persnya, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: SG dan Polres Rembang Bersinergi Capai 100% Vaksinasi Karyawan

SMOR, lanjut dia, akan terus meningkatkan kinerja dengan menyusun beragam strategi pertumbuhan jangka panjang. Pihaknya optimistis kinerja operasional dan keuangan dapat mengalami peningkatan secara signifikan pada 2021.

Lini Usaha

Beberapa area pekerjaan yang dikelola oleh anak perusahaan Semen Gresik ini meliputi paket pekerjaan kebersihan area pabrik SG, pelayanan area perkantoran, pemeliharaan sarana prasarana, penyediaan tenaga penunjang pabrik, sewa kendaraan, supporting operasional Rumah BUMN, supporting kegiatan CSR, pengoperasion mesin packer dan palletizer, dan supporting peralatan workshop.

SMOR berdiri sebagai perusahaan patungan yang didorong induk perusahaan SG, yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sebagai bentuk aksi korporasi yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja yang berkelanjutan. Seperti visi awal, SMOR adalah aktivitas community development model baru yang diharapkan lebih sustainable dan dapat menjadi percontohan bagi BUMN lain.

Baca Juga: Airlangga: Vaksinasi dan Kedisiplinan Prokes, Langkah Krusial Keluar dari Pandemi

Ditambahkan Amin, bentuk kontribusi SMOR lainnya dalam pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik adalah perekrutan karyawan, di mana 534 pekerja yang diterima, 84% adalah warga Kabupaten Rembang, 10% warga Jateng dan 6% luar Jateng. ”Kami hadir sebagai kolaborasi antara BUMN yang diwakili Semen Gresik dengan masyarakat sekitar melalui PT BUMDes agar tercipta ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif,” tandasnya.

Anak perusahaan Semen Gresik 3
Karyawati PT SMOR. (Istimewa)

Adapun enam PT BUMDes yang memiliki saham di SMOR (anak perusahaan Semen Gresik), yaitu PT Mitra Tegaldowo Sejahtera berlokasi di Desa Tegaldowo, PT Indo Kadiwono Sukses (Desa Kadiwono), PT Pasucen Berkah Mandiri (Desa Pasucen), PT Kajar Ngudi Mulyo (Desa Kajar), PT Karya Berkah Berdikari Desa Timbrangan yang berlokasi di Rembang, serta PT Ngampel Gading Perkasa di Desa Ngampel, Kabupaten Blora.

Berita Terkait

Berita Terkini

LPS: Sirkuit Mandalika Menghidupkan Ekonomi Kerakyatan di Lombok

Keberadaan sirkuit balapan berskala internasional di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika akan semakin menghidupkan ekonomi kerakyatan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kayu Arum Coffee Tempat Favorit Ngopi di Tawangmangu

Tidak perlu bingung untuk mewujudkan keinginan ngopi sambil memandang keindangah Gunung Lawu, cukup datang ke Kayu Arum Coffee.

Mana Paling Menguntungkan? Ini Perbandingan Biaya Top Up Dompet Digital

Manakah dompet digital yang paling menguntungkan bagi pengguna? Berikut ini perbandingannya.

Menakar Potensi Ekonomi Sirkuit Mandalika di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19, Sirkuit Mandalika diharapkan memberi dampak besar bagi sektor ekonomi dan pariwisata bagi negeri ini.

Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021

PTSG dalam keikutsertaan pertama kali di ISDA Award, meraih predikat Gold untuk kategori pencapaian program SDGs Poin Kesatu dan Poin Kesepuluh.

Penumpang Anak Tarik Pintu Darurat, Citilink Terpaksa Mendarat

Penerbangan Citilink dengan nomor QG944 tujuan ke Batam terpaksa dialihkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, akibat insiden tak terduga yang dilakukan oleh penumpang anak-anak.

ShopeePay Hadirkan Keuntungan Berlipat di 10.10 ShopeePay Double Deals

ShopeePay menyediakan promo Buy 1 Get 1 Deals, Voucher Cashback 100%, Flash Sale Rp1, dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Jackie Chan Jadi Kambing Hitam Kebangkrutan Evergrande

Saat raksasa real estate China Evergrande menghadapi krisis, beberapa netizen justru menghubungkan dengan "kutukan Jackie Chan".

Jualan Online Menggila, Pengusaha Kaus Ini Jual Produknya Hingga Korea

Meski di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya di dalam negeri, produk-produk lokal bahkan menembus pasar-pasar mancanegara.

Puluhan Ribu Hektare Lahan BUMN Tambang Tumpang Tindih, Kok Bisa?

Puluhan ribu lahan tambang milik perusahaan pelat merah tercatat mengalami tumpang tindih. Lahan tersebut terjadi di wilayah izin usaha pertambangan.

Midea Gabung Jadi Sponsor AFF Suzuki Cup 2020

Midea, salah satu produsen peralatan rumah tangga dunia mengumumkan perusahaannya sebagai sponsor resmi Kejuaraan Sepak Bola AFF Suzuki Cup 2020.

Penyelenggara Event Soloraya Tunggu Izin Pernikahan dan Konser

Penyelenggara event Kota Solo dan sekitarnya menunggu realisasi izin konser dan kegiatan besar lainnya selama pandemi Covid-19.

Sempat Anjlok, Harga Telur di Solo Berangsur Normal

Harga telur ayam ras di pasar Solo berangsur normal yakni Rp17.500/ kilogram (kg) di level agen, dan Rp20.000/kg di pedagang, Senin (27/9/2021).

UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 28 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Selasa (28/9/2021) turun untuk UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Cek Pabrik Pakan Ternak, Mentan Pastikan Stok Jagung Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan jagung untuk pakan ternak di pabrik pakan ternak (feedmill) di Serang, Banten, memastikan ketersediaan pakan aman.