SOLOPOS.COM - Menteri BUMN RI, Erick Tohir menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendirian PT SMOR. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG — Perusahaan patungan milik PT Semen Gresik (SG) bersama enam PT BUMDes di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) berhasil menorehkan capaian positif di tahun tutup buku 2020. SMOR merupakan salah satu anak perusahaan Semen Gresik.

Capaian ini tersampaikan dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akhir Juni 2021 lalu. Meskipun baru beroperasi komersial efektif enam bulan pada 2020, SMOR telah mampu membukukan laba bersih dibandingkan dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) mencapai 170% dari total nilai pekerjaan sebesar Rp9,6 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

RUPS juga memutuskan agar 15% dari hasil laba tersebut dibagikan sebagai dividen untuk pemegang saham (enam PT BUMDes dan PT SG). Adapun SG berkomitmen sejak awal untuk mengembalikan 100% deviden yang didapatkan kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program pemberdayaan secara langsung.

Baca Juga: Respons Cepat Penanggulangan Covid-19, SG Bagikan 12.500 Paket Prokes untuk Masyarakat Rentan

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan dalam penguatannya agar terus terbangun sinergitas dan ekosistem yang baik antar-BUMN dengan pemerintah, perusahaan swasta, BUMD, hingga BUMDes. Hal ini disampaikan agar kemajuan perekonomian negara terus berkembang dan secure (aman).

“Proyek-proyek strategis seperti ini harus tetap kita jalankan, karena untuk menjadikan Indonesia kuat ke depannya,” imbuh Erick Tohir dalam kata sambutan penandatanganan perjanjian kerja sama pendirian perusahaan PT SMOR, pada Jumat, 9 April 2020 lalu.

Anak perusahaan Semen Gresik 2
Bupati Kabupaten Rembang menyaksikan penandatanganan Pendirian Perusahaan Patungan antara PT SG dan 6 PT BUMDes (PT SMOR) yang secara langsung ditandatangani oleh Direktur Utama PTSG dan salah satu direktur PT BUMDes. (Istimewa)

Selain itu, pendirian PT SMOR pun mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang berharap agar bisa memberikan manfaat finansial dan sosial bagi kesejahteraan masyarakat desa di sekitar pabrik Rembang.

”Di tengah tantangan pandemi, kami bersyukur SMOR mampu memperoleh keuntungan, dan membagi dividen dalam bentuk tunai kepada enam PT BUMDes sebagai apresiasi kepada pemegang saham,” kata Direktur PT SMOR Syaicul Amin, dalam siaran persnya, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: SG dan Polres Rembang Bersinergi Capai 100% Vaksinasi Karyawan

SMOR, lanjut dia, akan terus meningkatkan kinerja dengan menyusun beragam strategi pertumbuhan jangka panjang. Pihaknya optimistis kinerja operasional dan keuangan dapat mengalami peningkatan secara signifikan pada 2021.

Lini Usaha

Beberapa area pekerjaan yang dikelola oleh anak perusahaan Semen Gresik ini meliputi paket pekerjaan kebersihan area pabrik SG, pelayanan area perkantoran, pemeliharaan sarana prasarana, penyediaan tenaga penunjang pabrik, sewa kendaraan, supporting operasional Rumah BUMN, supporting kegiatan CSR, pengoperasion mesin packer dan palletizer, dan supporting peralatan workshop.

SMOR berdiri sebagai perusahaan patungan yang didorong induk perusahaan SG, yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sebagai bentuk aksi korporasi yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja yang berkelanjutan. Seperti visi awal, SMOR adalah aktivitas community development model baru yang diharapkan lebih sustainable dan dapat menjadi percontohan bagi BUMN lain.

Baca Juga: Airlangga: Vaksinasi dan Kedisiplinan Prokes, Langkah Krusial Keluar dari Pandemi

Ditambahkan Amin, bentuk kontribusi SMOR lainnya dalam pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik adalah perekrutan karyawan, di mana 534 pekerja yang diterima, 84% adalah warga Kabupaten Rembang, 10% warga Jateng dan 6% luar Jateng. ”Kami hadir sebagai kolaborasi antara BUMN yang diwakili Semen Gresik dengan masyarakat sekitar melalui PT BUMDes agar tercipta ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif,” tandasnya.

Anak perusahaan Semen Gresik 3
Karyawati PT SMOR. (Istimewa)

Adapun enam PT BUMDes yang memiliki saham di SMOR (anak perusahaan Semen Gresik), yaitu PT Mitra Tegaldowo Sejahtera berlokasi di Desa Tegaldowo, PT Indo Kadiwono Sukses (Desa Kadiwono), PT Pasucen Berkah Mandiri (Desa Pasucen), PT Kajar Ngudi Mulyo (Desa Kajar), PT Karya Berkah Berdikari Desa Timbrangan yang berlokasi di Rembang, serta PT Ngampel Gading Perkasa di Desa Ngampel, Kabupaten Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya