SOLOPOS.COM - Nia Ramadhani (Instagram @ramadhanibakrie)

Solopos.com, JAKARTA--Para orang tua sebaiknya mengetahui gejala Covid-19 pada anak seperti yang dialami anak kedua Nia Ramadhani.  Dalam video yang sempat diunggah Nia Ramadhani, ia mengetahui kondisi anaknya itu dari hasil swab PCR.

Simak ulasan gejala Covid-19 pada anak di tips kesehatan kali ini. Asisten Nia Ramadhani, Theresa Wienathan, membenarkan anak Nia Ramadhani positif Covid-19. Nia Ramadhani pun memutuskan untuk mendampingi sang buah hati isolasi mandiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Alhamdulillah masih aman, walaupun sudah pasrah, karena 24 jam harus bersama anak yang lagi terkena virus," tulis Nia Ramadhani sebagai keterangan foto, sebagaimana melansir laman Liputan6.com, Senin (19/4/2021).

Baginya, anak positif Covid-19 ini merupakan pengalaman yang menegangkan.

Sejumlah studi menunjukkan gejala Covid-19 pada anak cenderung lebih ringan daripada dewasa. Secara umum, gejala Corona pada anak masih di sekitar kelelahan, sakit kepala, dan demam.

Baca Juga: Hindari Gorengan Untuk Buka Puasa, Ini Alasannya

Kebanyakan anak dengan Covid-19 memiliki gejala ringan atau tidak memiliki gejala sama sekali. Namun, beberapa anak bisa sakit parah akibat Covid-19 . Mereka mungkin memerlukan rawat inap, perawatan intensif, atau ventilator untuk membantu mereka bernapas.

Gejala awal Covid-19 serupa pada orang dewasa dan anak-anak seperti pilek, radang tenggorokan, atau alergi. Gejala Covid-19 yang banyak terlihat pada anak-anak adalah demam dan batuk.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ada sejumlah gejala Covid-19 pada anak,  antara lain:

- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Hidung tersumbat atau pilek
- Kehilangan rasa atau bau
- Sakit tenggorokan
- Sesak napas atau kesulitan bernapas
- Diare
- Mual atau muntah
- Sakit perut
- Kelelahan
- Sakit kepala
- Nyeri otot atau tubuh

Baca Juga: Minuman Energi Bisa Picu Gagal Jantung? Ini Penjelasannya

Gejala Covid-19 pada bayi di bawah usia 1 tahun bisa berupa nafsu makan buruk atau kurang makan.

Orang tua disarankan untuk memberi perhatian khusus jika anak mengalami gejala Covid-19 berupa demam di atas 37 derajat Celcius, sakit tenggorokan, dan batuk yang tidak terkontrol dan lihat apakah ada kecenderungan batuk menjadi lebih berat dari hari ke hari.

Jika anak terkena Corona seperti yang sedang dialami oleh buah hati Nia Ramadhani, pertimbangkan apakah anak perlu dibawa ke rumah sakit atau menjalani isolasi di rumah dengan melihat perkembangan gejala secara berkala. Jangan lupa untuk tetap lindungi diri Anda dari Covid-19 saat merawat anak yang sakit dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan memantau gejala serta lakukan tindakan pencegahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya