Kategori: Nasional

Anak Harus Tahu Protokol Kesehatan 5M, Orang Tua Perlu Lakukan Ini


Solopos.com/Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Solopos.com, JOGJA -- Anak harus terus diingatkan tentang penerapan protokol kesehatan 5M. Edukasi untuk anak-anak ini menjadi tanggung jawab orang tua.

Kesadaran orang tua mendukung edukasi 5M terhadap anak mereka sangat penting untuk segera menyudahi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung nyaris mendekati satu tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi, menjelaskan anak-anak juga perlu diajarkan 5M. Protokol kesehatan 5M adalah pengembangan 3M yang sebelumnya sudah disosialisasikan secara massif oleh pemerintah.

Baca juga: 12 Tahun Tilep Duit Nasabah BKK Jawa Tengah di Sukoharjo, Begini Akhir Kisah Puryanti

Lima M meliputi menjaga jarak satu meter dari orang lain, rajin mencuci tangan, memakai masker, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

Selain itu, ada edukasi-edukasi sederhana juga sangat penting disampaikan orang tua kepada anak mereka.

"Diajarkan untuk menghindari menyentuh wajah dan bagian depan masker dan menggunakan masker dengan benar, terutama diberi tahu mana bagian depan dan atas [luar] masker," jelas dia kepada Harian Jogja (Solopos Group), Sabtu (13/2/2021).

Baca juga: Begal Sadis yang Tendang dan Seret Korban Wanita di Klaten Dibekuk Polisi

Edukasi Tentang Masker

Emma meminta orang tua memberi tahu anak bahwa harus mencuci tangan sebelum menggunakan masker dan memeriksa apakah masker yang hendak dipakai dalam keadaan bersih dan tidak rusak.

Selanjutnya, anak diedukasi bahwa bagian dalam masker menyentuh wajah, sedangkan bagian luar masker menutupi hidung.

Lalu, anak bisa menyesuaikan posisi masker di posisi nyaman sehingga tidak ada celah samping. "Masker harus menutupi mulut, hidung, dan dagu anak," tuturnya.

Baca juga: Jejak Kisruh Keraton Solo: Dimulai 2004, Muncul Raja Kembar, Kini Kisah Putri Terkunci

Bagian tak kalah penting, Emma mengingatkan orang tua bahwa anak-anak juga harus diajarkan bagaimana cara melepas masker dengan benar. Melepas masker dianjurkan dengan cara merenggangkan bagian tali masker dan hindari menyentuh bagian depan masker.

Setelah dilepas, masker disimpan di tempat bersih dan rapat. Jika itu masker kain, dapat dicuci setidaknya satu kali sehari menggunakan air panas.

Terakhir, anak-anak harus dididik agar tidak tukar menukar atau bergantian menggunakan masker dengan orang lain. "Jangan gunakan masker bergantian dengan orang lain," tandas Emma.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum