SOLOPOS.COM - Logo Majelis Ulama Indonesia (Antara-Ardika)

Solopos.com, BOYOLALI—Apabila anak mengalami perselisihan dengan orang tua, hal ini sebaiknya diselesaikan secara musyawarah. Apabila tak berhasil, penyelesaian perselisihan perlu menghadirkan hakim atau orang bijaksana yang memediasi keduanya.

Perselisihan anak dengan orang tua ini salah satunya mencuat dengan kasus anak menggugat ibu kandung yang terjadi di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali. Dalam sengketa itu, anak menggugat ibu kandung dan saudara-saudara kandung lainnya atas hibah tanah yang terjadi beberapa tahun sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boyolali, Saeful Anwar, berpendapat dalam konteks Islam, seorang anak haruslah berbakti kepada orang tua. Anak bahkan dilarang membentak orang tua, apalagi sampai menggugat di pengadilan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Terdampak Tol Solo-Jogja, 6 Bidang Tanah di Guwokajen Belum Dibebaskan

“Masa iya sampai tega menggugat ibu sendiri. Dalam surat Al Luqman disebut berkata kasar pada orang tua saja enggak boleh apalagi mau menggugat dan memenjarakan orang tua,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (24/11/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini menjelaskan apabila anak berselisih paham dengan orang tua, sebaiknya diselesaikan secara musyawarah. Apabila masalah tak juga selesai secara musyawarah, penyelesaiannya bisa dengan menghadirkan mediator atau hakim yang menjadi penengah keduanya.

“Hakim ini artinya orang bijaksana ya bukan hakim pengadilan,” ujar dia.

Baca Juga: Niat Cari Sayur, Warga Lemahireng Boyolali Malah Temukan Mortir

Tak hanya itu, Gus Ipul melanjutkan penyelesaian perselisihan ini harus dilakukan dengan kepala dingin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya