Anak Gugat Ibu di Boyolali, Sertifikat Tanah Sengketa Dipastikan Sah

BPN Boyolali memastikan sertifikat tanah yang menjadi objek sengketa dalam kasus anak menggugat orang ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, sah.

 Suasana sidang pemeriksaan setempat kasus anak menggugat ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali, Jumat (26/11/2021). (Solopos.com/Cahyadi Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Suasana sidang pemeriksaan setempat kasus anak menggugat ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali, Jumat (26/11/2021). (Solopos.com/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, BOYOLALI – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Boyolali memastikan sertifikat tanah yang menjadi objek sengketa dalam kasus anak menggugat orang ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, sah. Dalam sengketa perdata itu BPN menjadi pihak turut tergugat.

Kepala BPN Boyolali, Priyanto, mengatakan sertifikat yang diterbitkan terkait empat bidang tanah yang disengketakan di Klinggen adalah sah. Sebab, secara legal formal, penerbitan itu didukung dengan berka-berkas yang lengkap dan memenuhi ketentuan.

PromosiDijual Rp1,5 Miliar/Kg, Gaharu Sudah Jadi Upeti Sejak Era Sriwijaya

“Kalau enggak ada permohonan mana mungkin saya melayani. Jadi berkasnya masuk, secara legal formal berkas saya teliti sudah beres, memenuhi ketentuan,” kata dia, saat ditemui wartawan seusai sidang pemeriksaan setempat di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Lomba Menembak Internasional Meriahkan HUT ke-76 Brimob di Boyolali

Menurut dia, terkait pengujian secara material berkas-berkas yang diterimanya, itu bukan menjadi kewenangan BPN. BPN menerbitkan sertifikat tanah apabila secara legal formas semua berkas yang dipersyaratkan lengkap dan memenuhi ketentuan.

“Tanda tangan ada, materai ada, pernyataan ada. Ya [sertifikat] terbit aja. Jadi bahasa kasarnya ini saya itu hanya tukang catat,” ujar dia.

Sebaliknya, apabila secara legal formal berkas dan persyaratan tidak terpenuhi, sertifikat pun tidak mungkin terbit.

Baca Juga: 1.200 Santri Ikuti Ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5

Priyanto menambahkan BPN sebagai pihak turut tergugat dalam sengketa itu akan tetap menjalani proses persidangan hingga rampung. Lebih-lebih, sengketa ini berkaitan dengan kelancaran proyek strategis nasional pembangunan tol Solo-Jogja.

“Kami taat azas, rule of the game. Ibarat orang punya hajat, saya ini cuma tamu. Kalau besok sidang ya saya datang. Apalagi ini untuk proyek strategis nasional,” tutur dia.

Sebelumnya diberitakan dua orang anak menggugat ibu kandung dan saudara-saudaranya termasuk anaknya sendiri dalam sengketa tanah di Klinggen. Penggugat itu yakni Rini Sarwestri dan Indri Aliyanto.

Baca Juga: Ahli Waris Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Bikin Surat Kesepakatan

Keduanya menggugat ibu kandungnya, Sri Surantini, dan sejumlah saudaranya yakni Gunawan Djoko, Aris Haryono, dan Wiwik Wulandari. Anak Rini, Afrizal Dewantara Putra juga menjadi tergugat dalam sengketa ini. Kemudian, pihak turut tergugat dalam kasus ini yakni Kepala Desa Guwokajen dan BPN.

Penggugat menuntut pembatalan hibah tanah yang dilakukan Sri Surantini. Kemudian, tanah ini dibagi rata kepada semua anaknya yang berjumlah lima orang.

Kebetulan, tanah ini turut terdampak pembangunan tol Solo-Jogja dengan nilai ganti rugi total mencapai sekitar Rp2 miliar. Saat ini, kasus masih dalam tahap persidangan di Pengadilan Negeri Boyolali.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.