Tutup Iklan

Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Naik Kereta, Kalau di Bawah 5 Tahun Gimana?

PT KAI memperbolehkan penumpang anak-anak di bawah usia 12 tahun dan di bawah usia lima tahun atau balita untuk naik kereta api kembali.

 Ilustrasi kereta api (KA) jarak jauh (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (KA) jarak jauh (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperbolehkan penumpang anak-anak di bawah usia 12 tahun dan di bawah usia lima tahun atau balita untuk naik kereta api kembali. Peraturan itu mulai berlaku Jumat (22/10/2021).

Aturan tersebut mengacu Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No.89/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 20 Oktober 2021. Sebelumnya, pemerintah melarang anak-anak di bawah usia 12 tahun naik kereta api.

Baca Juga : Catat! Tidak Boleh Makan, Minum, Telepon, dan Ngobrol Saat Naik Kereta

Meski begitu, setiap penumpang harus mentaati aturan dan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengutip dari VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyampaikan itu pada Jumat (22/10/2021). “Meski kembali diperbolehkan, anak di bawah usia 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat.

Sejumlah syarat yang dimaksud, seperti hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi calon penumpang kereta api jarak jauh. Selain itu, harus memakai masker dengan sempurna, dalam kondisi sehat, dan menerapkan prokes secara disiplin.

Syarat lain, anak di bawah usia 12 tahun yang akan naik kereta api wajib didampingi orang tua atau keluarga. Syarat itu dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK). Supriyanto juga menyebutkan calon penumpang kereta api lokal harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas saat memesan tiket. Aturan itu mulai berlaku 31 Agustus 2021 untuk kereta api lokal sedangkan untuk kereta api jarak jauh berlaku 26 Oktober 2021.

Baca Juga : Transaksi Pasar Tradisional di SGS 2021 Tinggi, Panitia Beri Apresiasi

Penggunaan NIK, lanjut Supriyanto, berlaku untuk pelanggan dewasa maupun anak-anak. Hal itu dalam rangka mendukung program pemerintah, yakni penggunaan NIK pada semua sektor layanan publik. Selain itu, penggunaan NIK bertujuan memastikan status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon penumpang. “PT KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI,” ujar dia.

Di sisi lain, rilis Kamis (21/10/2021), menyebutkan perihal SE Satuan Tugas No.21/2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 dan SE Kementerian Perhubungan No.89/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Ada sejumlah perubahan mengenai aturan perjalanan dengan kereta rel listrik (KRL). Aturan terbaru ini berlaku untuk KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, KA Lokal Merak-Rangkasbitung PP, dan KA Prambanan Ekspres. Tetapi, Supriyanto menyebut prokes dan pembatasan kapasitas tetap berlaku.

Baca Juga : Terekam Kamera CCTV, 4 Pria Bobol Kotak Infak Masjid di Daleman Klaten

“Salah satu perubahan aturan mengenai anak di bawah usia 12 tahun yang diizinkan kembali menggunakan transportasi publik. Untuk anak di bawah usia lima tahun, aturannya tidak berubah. Dapat menggunakan KRL dan KA Lokal hanya keperluan medis. Disertai surat keterangan atau rujukan dari fasilitas kesehatan,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam rilisnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).

PPKM Level 3 di Boyolali Jelang Nataru, Tempat Wisata Wajib Taat Prokes

Pemkab Boyolali akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Kira-kira mana yang lebih mahal antara harga tanah di Gentan, Baki, Sukoharjo dengan Colomadu di Karanganyar?

ANBK SD 2021 di Solo Kelar, Begini Evaluasi dari Proktor

Masih adanya 8 SD di Solo yang menumpang pelaksanaan ANBK ke SMP karena keterbatasan prasarana, menjadi perhatian Proktor ANKB SD.

Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Hadap ke Selatan, Ini Kata Kades

Ada budaya unik terkait posisi rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.