SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak kesepian. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang berlangsung beberapa bulan dan belum pasti kapan berakhir membawa pergolakan besar hingga rasa kesepian dalam kehidupan anak-anak.

Anak-anak cenderung merasa sedih dan kesepian karena mereka kehilangan teman, rutinitas, struktur, dan kepastian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari CNN Health, Kamis (30/7/2020), Christopher Willard, seorang dosen psikiatri di Harvard Medical School dan penulis The Breathing Book, buku latihan pernapasan untuk anak-anak, mengatakan bahwa anak-anak merasakan emosi yang sama dengan orang dewasa tentang pandemi.

Awas Covid-19! Ini 5 Kesalahan Keluar Rumah saat Pandemi

Tetapi anak-anak mengekspresikannya dengan cara yang berbeda. Mereka menangis, memotong rambut mereka, berteriak, menjerit, berdebat dan bertengkar dengan saudara kandung mereka.

Dengan saran dari psikiater dan psikolog yang berspesialisasi dalam bekerja dengan anak-anak, orang tua dapat berhenti dan merespons secara produktif.

Orang tua dapat membantu anak-anak mereka melalui masa-masa sulit dan mencegah (beberapa) kehancuran di masa depan dengan mendukung stabilitas emosional mereka dan memberi mereka alat untuk mengekspresikan perasaan mereka.

Kenapa Makan Kuaci Bagus untuk Pertumbuhan Anak?

Bahkan orang tua terbaik mengalami kesulitan melakukan rutinitas dasar saat mereka bekerja dari rumah dan mencoba untuk menjaga jadwal siang hari yang teratur, mendapatkan tiga makanan sehat di meja, memastikan anak-anak mereka mendapatkan cukup olahraga dan menjaga rutinitas tidur.

"Itu sulit bagi anak-anak kita. Itu juga akan berdampak pada kesehatan mental mereka. Itu akan berdampak pada kontrol impuls mereka dan kemampuan mereka untuk mengatur emosi mereka," kata Willard.

Dukungan Sosial

Anak-anak juga dapat mengalami kemunduran dan kelakuan buruk di tahun-tahun mudanya karena itu membuat mereka merasa aman. Anak-anak juga tidak mendapatkan dukungan sosial dari teman sebaya yang mengatakan bahwa kemarahan tidak keren.

Ini Tahapan Lengkap Cara Adopsi Anak yang Sah

Mary Alvord, psikolog yang berbasis di Maryland yang mengkhususkan diri dalam pengobatan kaum muda dan rekan penulis Conquer Negative Thinking for Teens, menjelaskan Jika mereka terlibat dalam perilaku yang lebih merusak, seperti memotong rambut mereka, mereka bisa bosan.

"Hal lain yang terjadi adalah bahwa orang tua sangat stres, sehingga anak-anak di rumah dan mungkin mendapatkan cukup banyak perhatian dari orang tua ketika mereka di rumah," kata Willard.

"Sekarang ini seperti, 'Tidak, Ibu atau Ayah atau siapa pun yang benar-benar sibuk saat ini dan tidak bisa memberimu perhatian itu.'"

Dia menambahkan menginginkan perhatian orang tua bisa menjadi alasan di balik krisis atau perilaku lebih menantang yang dilakukan anak.

Lingkaran Setan

Dan ketika orang tua stres dan tidak sabar, mereka lebih cenderung membentak anak-anak mereka, yang menciptakan lingkaran setan.

"Itu bukan masalah pribadi, dan mereka tidak melakukannya untuk membuatmu gila atau untuk merusak panggilan telepon Anda atau mengacaukan rencana makan malam Anda atau semacamnya. Mereka melakukannya karena mereka sedih, mereka kesepian; mungkin mereka lapar atau lelah. Mereka benar-benar merasa di luar kendali," kata Willard.

Tahu Kupat Solo Jadi Klaster Baru, Ini Tips Aman Jajan Kuliner saat Pandemi

Pada saat yang sama, orang tua harus memperhatikan dan mempertanyakan perilaku berulang - isolasi, kurang tidur, perilaku buruk yang berkelanjutan - sebagai tanda potensial dari sesuatu yang lebih serius terjadi, seperti masalah depresi, kecemasan atau perhatian.

Dalam hal itu, menghubungi terapis atau psikiater untuk janji temu virtual dengan anak atau orang tua dapat membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya