SOLOPOS.COM - Para pelajar SMP menjalani skrining kesehatan saat kegiatan vaksinasi dengan sasaran anak usia 12 tahun ke atas di Gedung PGRI Sukoharjo, Selasa (21/9/2021). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Vaksinasi Covid-19 Sukoharjo mulai menyasar anak berusia 12 tahun ke atas. Hal ini seiring pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dan simulasi di sekolah.

Pemkab Sukoharjo bersama stakeholders berupaya mengejar target herd immunity yakni minimal 70% jumlah warga tervaksinasi. Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 Sukoharjo masih 38,12 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Program vaksinasi dengan target sasaran anak berusia 12 tahun ke atas dilaksanakan di Gedung PGRI Sukoharjo, Selasa (21/9/2021). Kegiatan itu diselenggarakan Yayasan Indonesia Pasti Bisa bekerja sama dengan Pemkab Sukoharjo.

Jumlah vaksin yang disiapkan untuk vaksinasi Covid-19 anak SMP dan SMA Sukoharjo sebanyak 2.000 dosis dari Sinovac. Para pelajar yang divaksin berasal dari sejumlah sekolah negeri di Sukoharjo, Nguter, Gatak, Bendosari, Mojolaban, Grogol, Tawangsari, Bulu, Baki, dan Kartasura.

Baca Juga: Tes SKD CPNS Sukoharjo, Puluhan Peserta Gugur pada Hari Pertama

“Sekarang target sasaran vaksinasi sudah menyasar anak usia 12 tahun ke atas atau pelajar. Vaksinasi bisa meningkatkan imunitas pelajar yang mengikuti PTM secara terbatas dan simulasi di sekolah,” kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa.

Selain warga lanjut usia (lansia), kelompok pelajar juga menjadi prioritas utama penyuntikan vaksin di tengah pandemi yang belum hilang sepenuhnya. Imunitas anak cenderung lebih lemah dibanding orang dewasa sehingga berisiko tinggi terinfeksi virus saat berinteraksi dengan pasien positif Covid-19.

Rencananya, lanjut Bupati, pengurus Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukoharjo juga melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak 12 tahun ke atas di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) pada Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Sudah Tempati Kontrakan Baru

Antusiasme Masyarakat

“Saya berharap para stakeholder membantu percepatan vaksinasi di Sukoharjo. Capaian vaksinasi dosis pertama belum sampai 40 persen. Masih jauh dari target herd immunity yakni 70 persen dari populasi,” ujarnya.

Selama ini, masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan vaksinasi massal di sejumlah lokasi. Masyarakat rela mengantre selama berjam-jam demi menerima vaksin.

Selain pengendalian Covid, percepatan vaksinasi juga menjadi kunci pemulihan ekonomi daerah. Upaya percepatan vaksinasi tak hanya dilakukan Pemkab Sukoharjo melainkan Polres Sukoharjo dan Kodim Sukoharjo.

Baca Juga: PPKM Level 3 di Sukoharjo Masih Berjalan, Operasi Prokes di Gatak Terus Dilakukan

Bahkan, kini organisasi politik, perusahaan dan komunitas masyarakat turut berpartisipasi mendongkrak capaian vaksinasi agar segera mencapai target.

Koordinator Sukarelawan Yayasan Indonesia Pasti Bisa, Panji Kusuma, menyatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 massal dengan target sasaran anak usia 12 tahun ke atas di Sukoharjo merupakan wujud kontribusi dan partisipasi dalam membantu pemerintah.

Setiap pelajar yang mengikuti vaksinasi mendapat bantuan beras seberat lima kilogram (kg).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya