SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

SEMARANG–Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) melalui Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) memberikan bantuan sebanyak 2.500 bibit pohon durian kepada masyarakat di sekitar Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menurut perwakilan AMTI, Muhammad  Sinol, pemberian bantuan bibit pohon durian itu bagian dari program penghijauan yang rutin dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

“Program ini tak hanya berhenti sampai penyerahan bibit saja, tapi kami akan menindaklanjuti dengan program diversifikasi usaha berupa pelatihan bercocok tanam kepada 35 orang perwakilan warga,” katanya dalam rilis yang diterima Espos di Semarang, Selasa (27/12/2011).

Bibit pohon durian tersebut diserahkan kepada warga di tiga desa di sekitar Gunung Merapi masing-masing desa Glagaharjo, Kepuharjo, dan Bimomartani.

Ketua DPC APTI DIY, Sunaryo  menyatakan pemilihan pohon durian karena merupakan salah satu tanaman yang cukup produktif dan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Dalam waktu antara 5-6 tahun pohon durian sudah dapat dipanen, sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya. “Pohon durian juga dapat menghijaukan area kawasan setempat karena rindang dan berdaun lebat,” ujar dia.

Sementara Lurah Glagaharjo, Suroto mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan AMTI.  “Bantuan bibit pohon durian ini sangat bermanfaat bagi warga untuk bisa produktif. Kami memang membutuhkan uluran tangan dari pelbagai pihak,” kata dia.

(oto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya