Tutup Iklan

Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

Standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta.

 Ilustrasi masker kain. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi masker kain. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Ketika varian Delta SARS-CoV-2 terus menimbulkan kekacauan di banyak negara, orang mempertanyakan kemampuan masker kain untuk adang dari dari Virus Corona yang menyebar cepat itu. Para ahli bingung jenis penutup wajah mana yang harus direkomendasikan digunakan oleh masyarakat umum.

Sementara, standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta. Meski begitu, Seperti dikutip Medicaldaily.com, Jumat (24/9/2021), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) terus mempromosikan penggunaan penutup wajah kain sebagai bagian dari protokol keselamatan di tengah krisis kesehatan global.

Baca Juga: Netflix Indonesia Tayangkan di Balik Layar Squid Game, Seperti Apa?

Bahkan, dalam panduan daring, Dinas Kesehatan Masyarakat AS sangat menentang penggunaan respirator N95 dan masker bedah oleh masyarakat umum.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Dr. Anthony Fauci juga tidak merekomendasikan penggunaan masker berkualitas lebih tinggi, meskipun ada lonjakan kasus karena varian Delta. Selama tampil di MSNBC dalam acara The Mehdi Hasan Show pada akhir Agustus, Fauci bersikeras bahwa daripada khawatir tentang jenis masker, pakai saja masker yang ada.

Pakar penyakit menular dari Universitas California, San Francisco, Dr. Peter Chin-Hong, mempertimbangkan pernyataan Fauci.

Dia mengatakan, bahwa mungkin hanya menekankan perlunya memakai sesuatu yang terasa nyaman dan yang bisa dipakai untuk waktu yang lama ketika tinggal di lingkungan tertentu daripada memikirkan kebutuhan hanya memakai standar setiap saat.

Baca Juga: Arti Mimpi Bertemu Harimau, Pertanda Bakal Sial Atau Mujur?

Apakah masker kain masih berguna?

Chin-Hong, yang mengaku sebagian besar memakai respirator N95 dan masker bedah sebagai profesional medis, mengatakan kepada The Seattle Times, bahwa penutup wajah kain masih berguna dalam keadaan tertentu. Misalnya, individu yang divaksinasi lengkap dapat bergantung pada jenis masker wajah, jika mereka memasuki tempat umum dalam ruangan. Menurut Chin-Hong, penting untuk selalu menilai situasi. Ketika seseorang dihadapkan dengan keadaan yang lebih berisiko, lebih baik bersiap dengan masker berkualitas lebih tinggi, seperti masker bedah.

“Tidak ada yang nol risiko, jadi ini hanya masalah pengurangan risiko,” bebernya seperti dikutip dari Bisnis.com, Senin (27/9/2021).

Bagi Raina McIntyre, yang telah melakukan beberapa penelitian tentang masker termasuk yang diterbitkan dalam jurnal ACS Biomaterials Science & Engineering pada bulan Mei, ini semua tentang desain masker kain. Dalam penelitian yang dia lakukan bersama rekan-rekannya, mereka menemukan bahwa masker wajah multilayer yang menggabungkan katun/linen dan poliester/nilon sama efektifnya dengan masker bedah dalam memblokir tetesan.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.