SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta— Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Amien Rais mengemukakan, semua kandidat ketua umum  organisasi tersebut merupakan kader terbaik dan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

“Kandidat yang berjumlah 125 orang pasti yang terbaik bagi Muhammadiyah. Namun, siapa sosok yang tepat untuk menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2010-2015, saya tidak mau menyebut nama,” katanya di sela-sela diskusi publik “Kepemimpinan Muhammadiyah dan Kepentingan Partai Politik” di Yogyakarta, Selasa (29/6).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Amien tidak mau menyebut nama karena sosok yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut akan dicari bersama melalui sidang tanwir dan muktamar ke-46 atau Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta pada 3-8 Juli 2010.

“Namun, tipologi kepemimpinan Muhammadiyah hingga usianya satu abad adalah kepemimpinan kolektif kolegial, sehingga Muhammadiyah tidak bisa ditentukan oleh satu orang saja. Muhammadiyah selalu mengedepankan sifat kolektif dan kolegial,” kata mantan Ketua MPR itu.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Bambang Cipto mengatakan, kepemimpinan Muhammadiyah di bawah Din Syamsudin memang berbeda corak dengan tipe Amien Rais.

“Namun demikian, Muhammadiyah memiliki suatu kekuatan tersendiri. Saya berharap Muhammadiyah jangan pernah meninggalkan kekuatan tersebut untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia,” kata Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fiispol) UMY itu.

Menurut dia, ribuan lembaga pendidikan yang telah dibangun Muhammadiyah sebenarnya menunjukkan kekuatan yang dimilikinya, karena pemerintah tidak sanggup untuk membangun lembaga pendidikan sebanyak itu.

“Hal itu berarti sumbangsih Muhammadiyah terhadap bangsa ini menjadi kekuatan. Jadi, tipologi kepemimpinan ke depan juga harus memiliki sifat dasar budaya kepemimpinan Indonesia,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya