SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menanggapi dingin pernyataan mantan Ketua MPR, Amien Rais yang menolak tambang pasir besi. Menurut Tedjo, masyarakat bisa menilai sendiri manfaat penambangan tersebut.

Ditemui di sela-sela kegiatan penilaian lomba perpustakaan Desa di Hargotirto, Kokap, Tedjo mengungkapkan, sah-sah saja seorang tokoh nasional seperti Amien Rais mengeluarkan pernyataan yang menolak salah satu megaproyek Kulonprogo tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Monggo, siapa saja punya hak untuk menyampaikan pendapat apapun. Saya dalam posisi tidak menolak dan juga tidak menyetujui pernyataan Pak Amien. Semua ini tengah berproses,” ujarnya.

Menurut Tedjo, saat ini manfaat penambangan pasir besi belum bisa dinilai karena proyek tersebut belum sepenuhnya berjalan.” Hasilnya nanti bisa diketahui setelah penambangan tersebut berproses,” lanjut Tedjo.

Menurut dia, karena kontrak karya penambangan tersebut sudah disepekati oleh pemerintah pusat dan pihak operator penambangan, Pemkab Kulonprogo akan menindaklanjuti dengan melakukan pengawasan terkait setiap proses yang dilakukan.

Sebelumnya, tokoh reformasi Amien Rais menegaskan menolak rencana tambang pasir besi di Kulonprogo, karena dinilai tak menguntungkan masyarakat. Menurut dia mudah sekali menilai layak atau tidaknya kebijakan tambang itu dilakukan.

“Pertanyaanya menguntungkan siapa, kalau orang lain ya jangan. Kita jangan cari argumen putar balik seperti sirkus,” tegasnya.

Apalagi menurut dia, 70% saham penambangan tersebut dikuasai investor asal Australia.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya