Amien Rais Ingin Jokowi ke Rumahnya, Istana: Enggak Ngerti Kenapa
Amien Rais menyampaiakan orasi saat Halal Bi Halal dan Rapat Koordinasi yang diselenggarakan Forum Keluarga Alumni (FOKAL) IMM Jawa Tengah di Gedung Induk Siti Walidah, kompleks Kampus UMS, Sukoharjo, Minggu (9/7/2018). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, JAKARTA -- Wacana pertemuan antara Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum menemui titik temu. Meski memberikan sinyalemen mau melakukan pertemuan dengan Presiden, Amien menegaskan hanya ia mau jika Jokowi yang datang ke rumahnya di Yogyakarta.

Amien enggan dianggap enggan sowan ke istana. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengakui tidak tahu menahu mengenai rencana pertemuan Amien-Jokowi. Tapi ia mendukung kalau Jokowi dan Amien hendak bersua.

"Pak Presiden kan mau bertemu siapa saja boleh. Tidak dilarang," ujar Wiranto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018), dilansir Suara.com.

Soal Amien yang tidak mau mengunjungi kompleks Istana Kepresidenan untuk melakukan pertemuan, Wiranto tidak mau menjawab pertanyaan wartawan. Ia juga tidak tahu apakah presiden ingin berkunjung ke kediaman Amien.

"Ini yang saya tak mengerti [kenapa minta di Yogyakarta], karena itu hak-haknya dia juga sih. Presiden bertemu dengan siapa saja tak dilarang," tegasnya.

Sebelumnya, Amien mengakui sejumlah pihak tengah berusaha mempertemukan dirinya dengan Presiden Jokowi yang selama ini selalu menjadi sasaran kritik pedasnya. Sayang, ia tak menyebutkan nama orang tersebut.

Amien menuturkan tidak mempersoalkan kalau Jokowi ingin bertemu dengannya. Namun dengan syarat, bukan dia yang datang menemui Jokowi, melainkan sang presiden harus datang ke rumahnya di Yogyakarta.

"Sebulan terakhir ada yang berusaha mempertemukan saya dengan Pak Jokowi. Saya sampaikan, amat sangat dengan mudah, silakan Pak Jokowi terbang ke Yogyakarta, bukan semata-mata untuk ketemu saya. Mampirlah ke rumah saya," kata Amien di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Widya Chandra, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Dalam pertemuan nanti, Jokowi bisa menyampaikan apa yang hendak ia ajukan kepada Amien. Ia juga berjanji mendengarkan pemaparan Jokowi.

"Saya akan sampaikan sesuatu yang saya inginkan, sangat santun, sopan dan etis lah ya, jangan khawatir. Memang sebaiknya dia datang ke rumah saya. Saya kan rakyat biasa, didatangi presiden kan tidak ada salahnya toh," tutur Amien.

"Jadi saya tunggu, silakan datang ke rumah saya. Tak usah pakai makan minum, tak usah, secukupnya saja, saya sambut dengan baik ya. Pak Jokowi juga pernah ke tempat tokoh-tokoh lain. Kalau beliau sibuk 20 menit cukup, setengah jam cukup.”



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom