SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketua Umum AMI Awards, Tantowi Yahya. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards Ke-16 bakal dibagikan kepada para musisi terbaik Indonesia di Studio RCTI, 12 Juli 2013. Berbeda dengan tahun sebelumnya, AMI tahun ini bakal menggunakan metode penilaian yang sama dengan Grammy Awards.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada tahun ini, AMI Awards terbagi menjadi 49 kategori, mulai dari pop, rok, jaz, punk, dang dut, keroncong, reggae, hingga rap. Ada juga tiga kategori bidang umum, yaitu pendatang baru terbaik, album terbaik, dan karya produksi terbaik.

Ketua Umum AMI Awards, Tantowi Yahya, di Jakarta, Rabu (12/6/2013), mengatakan penilaian untuk pemenang AMI Awards sangat objektif dan bersifat rahasia dengan menggunakan metode yang sama untuk penilaian Grammy Awards. “Kami mengadopsi penilaian dari Grammy Awards, di mana sistem penilaian yang dilakukan oleh anggota AMI yang tidak saling mengenal satu sama lain. Penghitungan penilaiannya diserahkan kepada akuntan publik sama seperti yang dilakukan oleh Grammy Awards,” ujar Tantowi.

Nantinya hasil tersebut akan diberikan pada panitia semalam sebelum acara, yang tertutup dengan segel. “Makanya piala AMI tidak pernah ditulis nama pemenangnya, hanya nama kategori,” terangnya.

Sistem penjurian yang seperti ini menurut Tantowi sangat fair dan independen, bahkan identitas para juri juga tak diketahui secara luas dan sangat dirahasiakan. “Kami harus bisa menghadirkan sistem penjurian yang kredibel dan terbuka. Kami di panitia tidak menilai tapi mengategorikan musisi ke masing-masing genre,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya