Tutup Iklan
Ilustrasi helm milik pengemudi Gojek./REUTERS-Beawiharta

Solopos.com, JAKARTA – Amazon.com Inc. dikabarkan akan menyuntikkan modal ke Gojek yang berasal dari Indonesia. Seorang sumber menyebut ini akan menjadi upaya meningkatkan kehadiran perusahaan yang didirikan Jeff Bezos tersebut di Asia Tenggara.

Dilansir dari Bloomberg, sumber yang tak disebutkan namanya tersebut mengatakan Amazon telah bernegosiasi dengan Gojek untuk bergabung dengan putaran pendanaan yang sedang berlangsung bersama investor lainnya.

Perwakilan Gojek menolak berkomentar mengenai rencana tersebut, sementara Amazon belum dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Rencana ini dapat menjadi langkah investasi Amazon paling signifikan dan pertama di Indonesia. Raksasa ritel yang berbasis di Seattle ini sebelumnya telah berinvestasi di Singapura pada tahun 2017 dengan Amazon Prime Now, namun belum pernah menyentuh Indonesia.

Sebaliknya, raksasa teknologi China Alibaba Group Holding Ltd. menghabiskan miliaran dolar untuk mengakuisisi perusahaan belanja online Lazada Group dan berinvestasi di perusahaan e-commerce Indonesia, Tokopedia PT, dan Bukalapak.

Sementara itu, Tencent Holdings Ltd. berinvestasi di Sea Ltd., yang memiliki unit e-commerce aktif di Indonesia, Shopee.

Sebelum Amazon, Visa Inc., dikabarkan telah bekerja sama dengan Gojek guna mendorong pengembangan sistem pembayaran digital di seluruh Asia Tenggara.

Meskipun tak disebutkan nilainya, jaringan pembayaran terbesar dunia tersebut telah menginvestasikan modal di Gojek dalam putaran penggalangan dana seri F yang sedang berlangsung.

Langkah ini menyusul pengumuman Gojek beberapa waktu lalu yang telah mendapatkan pendanaan dari Siam Commercial Bank Plc., Mitsubishi Motors Corp., Mitsubishi Corp. dan Mitsubishi UFJ Lease & Finance Co. Thailand.

Pernyataan dari pihak perusahaan juga tidak mengungkapkan ketentuan-ketentuan di dalam kesepakatan.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten