SOLOPOS.COM - Salah satu penampilan dalam Parade Difabel Ceria di Panggung Kampayo XT Square, Jalan Veteran, Jogja, Senin (6/11/2017) malam. (IST/Dok Panitia)

Para penyandang disabilitas tampil dalam Parade Difabel Ceria

Harianjogja.com, JOGJA-Rasa haru terlihat setelah menyaksikan para penyandang disabilitas tampil satu persatu membawakan kesenian yang mereka kuasai di Panggung Kampayo XT Square, Jalan Veteran, Jogja, Senin (6/11/2017) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keharuan menyeruak ketika Jathilan Putri Ayu dibawakan secara apik oleh Sidik, siswa SLB PGRI, Desa Minggir, Sleman. Kehadirannya langsung menggebrak panggung. Pergelaran bertajuk Parade Difabel Ceria tersebut, terselenggara atas kerja sama Kampayo dan Yayasan Grha Kreatif Tunagrahita Yogyakarta.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya senang dan bangga, karena berhasil menampilkan siswa-siswi penyandang disabilitas di Panggung Foodcourt Caffe Kampoyo XT Square. Meski mereka memiliki kekurangan, tetapi semangat hidupnya perlu diacungi jempol,” kata KRMT Indro ‘Kimpling’ Suseno, selaku penyelenggara dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (7/11/2017).

Penampilan pertama dilakukan Sidik yang kemudian disambut tepuk tangan dari penonton. Sidik yang kurang pendengaran dan pandangan ini mampu bermain jathilan dengan lincah. Penampilan Sidik disusul penampilan Eni Sari dari SLB PGRI, Desa Minggir, Kabupaten Sleman yang tampil membacakan puisi karyanya sendiri yang berjudul Kuasaku. Eni membacakan puisi penuh dengan perasaan. Eni tampakn tidak grogi apalagi takut meski dengan kursi roda.

Sebaliknya ia justru tampil garang. Suaranya kadang pelan, tapi kadang melengking. Setelah itu ia tertunduk sambil menitikkan air mata. Saat inilah penonton tak terasa juga turut menitikkan air mata haru. “Bunga, aku ingin jatuh di pangkuanmu dan menciummu,” ujar Eni pada bait terakhir saat membacakan puisinya.

Selain mereka, masih banyak penampil lainnya yang tidak kalah memukau penonton. Anak- anak ini tidak semata-mata memerlukan rasa belas kasihan, tetapi lebih membutuhkan kesempatan untuk tampil menunjukkan kemampuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya