SOLOPOS.COM - Mahasiswa Amanah Husada saat penghijauan di lereng Merapi, Minggu (25/12) (HARIAN JOGJA/AKHIRUL ANWAR)

Mahasiswa Amanah Husada saat penghijauan di lereng Merapi, Minggu (25/12) (HARIAN JOGJA/AKHIRUL ANWAR)

SLEMAN—Sekitar 80 mahasiswa Amanah Husada Yogyakarta yang tergabung dalam Organisasi Karya Siswa Amanah Husada (OKSA) menanam pohon cengkeh dan sengon di lereng Merapi. Penghijauan dilakukan di tanah kosong milik seorang warga Petung Kepuharjo Cangkringan, Minggu (25/12).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Oksa, Agung mengatakan, pohon cengkeh dan sengon dipilih karena termasuk pohon produktif. Sengon dalam jangka waktu dua sampai lima tahun bisa dipanen. Sedangkan cengkeh jenis pohon produktif untuk jangka panjang.

“Oleh tim penghijauan direkomendasikan pohon cengkeh dan sengon karena bisa dipanen jangka waktu dekat,” katanya.

Penanaman pohon di lereng Merapi ini merupakan agenda OKSA yang kedua. Tahun lalu, organisasi tersebut juga menanam pohon di wilayah Petung. Sampai sekarang wilayah Petung masih banyak lahan yang masih kosong belum tersentuh penghijauan.

Tim penghijauan lereng Merapi, Bambang Sugeng mengatakan, siapapun yang akan melakukan penghijauan akan diprioritaskan di wilayah petung. Terlihat sudah banyak pohon yang ditanam, namun lokasi yang sulit dijangkau belum tersentuh penghijauan. “Wilayah Petung ini sebenarnya masih banyak yang belum tersentuh,” katanya. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya