Aman Lur! Pemkab Sukoharjo Pastikan Tak Ada Kelangkaan Gas LPG 3 Kg

k liquefied petroleum gas (LPG) atau elpiji subsidi tiga kilogram di Kabupaten Sukoharjo dipastikan aman. Tak ada kelangkaan LPG yang terjadi di Kabupaten Makmur ini meskipun wilayah lain di Soloraya mulai kekurangan. 

 Ilustrasi Tabung Elpiji 3 Kilogram. (Dok/JIBI/Solopos).

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tabung Elpiji 3 Kilogram. (Dok/JIBI/Solopos).

Solopos.com, SUKOHARJO – Stok liquefied petroleum gas (LPG) atau elpiji subsidi tiga kilogram di Kabupaten Sukoharjo dipastikan aman. Tak ada kelangkaan LPG yang terjadi di Kabupaten Makmur ini meskipun wilayah lain di Soloraya mulai kekurangan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo, Iwan Setiyono, Sabtu (6/8/2022), mengatakan sampai saat ini belum menerima laporan soal kelangkaan soal elpiji subsidi.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“LPG sampai saat ini belum menerima laporan kelangkaan dari lapangan. Di beberapa titik 12 kecamatan di wilayah Sukoharjo belum ada laporan mengalami kelangkaan LPG,” ujar Iwan.

Disdagkop Sukoharjo bekerja sama dengan Pertamina untuk menjaga ketersediaan LPG 3 kg agar tetap stabil dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Ada Tambahan, Distribusi Elpiji Subsidi di Solo Terus Dipantau

“Kami berkoordinasi dengan Pertamina dan sudah diadakan temu kerja dengan para agen dan beberapa pangkalan pengecer. Nanti jika ada kelangkaan kami akan meminta informasi pada agen seberapa besar kelangkaan sehingga kami bisa mengajukan tambahan kuota ke Pertamina,” lanjut Iwan.

Iwan mengatakan penambahan kuota harus melalui pemetaan tiap kecamatan di Sukoharjo karena gas LPG 3 Kg termasuk barang bersubsidi.

“Kami sebatas yang mengusulkan jika ada kelangkaan akan penambahan. Jika normal stoknya bisa dihitung,” kata Iwan. Iwan menjelaskan stok ketersediaan barang dihitung dalam jangka satu tahun. Pemetaan biasanya dihitung per Desember.

“Contoh saja dalam satu bulan 5.000 tabung, berarti kami hitung sampai satu tahun 5.000 kali 12 bulan, dengan penyerapan saat ini berapa, tersisa berapa bulan. Jika jumlah 5.000 hanya sampai Agustus, padahal masih sampai Desember setidaknya kami punya 20.000 sampai 25.000 tabung,” lanjut Iwan.

“Jika tidak cukup maka akan ada pengajuan tambahan,” tambah Iwan.

Baca juga: Kesulitan Mencari Gas Melon, Warga Solo Curhat ke Pemkot

“Harga menurut kami di pasar masih relatif terjangkau, karena kami tidak bisa menetapkan harga sama saat sampai konsumen. Ada yang selisih Rp500 sampai Rp1.000 tergantung lapangan,” kata Iwan.

Pemilik warung makan ayam dan angkringan di Sukoharjo, Kunari Mahanai, menyampaikan bahwa LPG 3 kg mulai susah dicari. Namun, kondisinya masih dalam level aman.

“Untuk mendapatkan LPG 3 Kg tidak seperti kemarin, tempat saya dekat warung yang jualan. Kadang ada yang jualan. Namun tiga hari terakhir sampai sekarang tidak jualan,” kata wanita yang akrab disapa Anik ini, Sabtu (6/8/2022).

Sementara, soal harga masih relatif terjangkau, yakni sekitar Rp19.000 sampai Rp20.000 per tabung. “Harga makanan belum saya naikan karena untuk keberadaan gas [LPG] 3 kg tidak terlalu mengganggu,” lanjutnya.

Baca juga: Disebut-Sebut akan Naik, Berapa Harga Gas Elpiji 3 Kg Saat Ini?

Anik berharap tak ada lagi kelangkaan bahan pokok. Khususnya barang subsidi dari pemerintah seperti LPG 3 kg, bensin, hingga minyak goreng khususnya di Sukoharjo.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Lewat lagunya berjudul Kanjuruhan, Iwan Fals menunjukkan konsistensinya sebagai musisi yang menyuarakan kegelisahan hati masyarakat di balik Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sekitar 130 orang. Kritik sosial tercermin dari setiap lirik lagunya yang terasa getir dan menyayat hati.

      Berita Terkini

      44 Kebakaran di Boyolali hingga September 2022, Korsleting Penyebab Terbanyak

      Korsleting menjadi penyebab terbanyak kebakaran di Boyolali pada kurun Januari hingga September 2022.

      H+3 Operasi Zebra Candi 2022 di Karanganyar, Terbanyak Pelanggar Tak Pakai Helm

      Hingga hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 di Polres Karanganyar, pengendara tanpa helm menjadi pelanggar terbanyak.

      Taman Edukasi Bencana di Kali Poitan Klaten Mulai Diuji Coba

      Wahana di taman edukasi bencana menjadi tempat edukasi sekaligus pengenalan upaya pengurangan risiko bencana sejak dini.

      Gaji ASN Tak Cukup Buat Beli Rumah di Solo, Pemkot Siapkan Lahan di Mojosongo 

      Pemkot Solo menyediakan lahan untuk bisa didevelop pihak penyedia rumah susun. Luas lahan yang tersedia di Mertoudan sekitar 3.100 meter persegi.

      Kasasi Pemkot Solo Dikabulkan, Kuasa Hukum Ahli Waris Sriwedari Tenang

      Putusan MA tidak berpengaruh terhadap putusan kepemilikan dan pengosongan [tanah] Sriwedari

      Eks SDN 1 Bendungan Kedawung, Sragen bakal Disulap Jadi Ekraf Center

      Pusat Ekraf itu akan dibangun pada 2023 mendatang dengan alokasi anggaran sampai ratusan juga rupiah yang bersumber dari dana Desa Bendungan dan dana Kecamatan Kedawung.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 6 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (6/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Puluhan Siswa SMAN 1 Wonogiri Diminta Cegah Stunting dari Usia Remaja

      Penyuluh KB di Kecamatan Wonogiri mengajak para siswa di sekolah setempat untuk ikut mencegah stunting melalui kampanye bertajuk Relasi, yakni Remaja Lawan Stunting.

      Tragedi Kanjuruhan, Sosiolog UNS: Fanatisme Suporter Rusak Kelompoknya Sendiri

      Sosiolog UNS menyebut tragedi Kanjuruhan tidak lepas dari adanya fanatisme suporter yang merusak kelompoknya sendiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Sragen Hari Ini (6/10/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sragen, Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis, 6 Oktober 2022.

      Rayakan HUT ke-77 TNI, Elemen Masyarakat Datangi Kodim Sukoharjo

      Sejumlah elemen masyarakat di Sukoharjo memberikan ucapan selamat HUT ke-77 TNI kepada Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi

      Jadi Pilot Project SBM, Ini Kiprah Sukarelawan di Kelurahan Siswodipuran

      Surveileans Berbasis Masyarakat diperlukan untuk mendeteksi dini fenomena dan mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah di lingkungan masyarakat.

      Polres Wonogiri Dalami Meninggalnya Pekerja Akibat Kecelakaan Kerja di PT PPI

      Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, mengatakan sejauh ini polisi sudah memeriksa sedikitnya 45 orang dari PT PPI termasuk saksi-saksi saat kecelakaan kerja itu terjadi.

      Terlibat Laka Tunggal Di Palur, Pria Tanpa Identitas Alami Pendarahan Kepala

      Korban diduga melaju dari arah Karanganyar menuju Solo melewati jalan bawah flyover Palur. Dugaannya korban mengantuk hingga menabrak kendaraan yang tengah terparkir di pinggir jalan di barat SPBU Palur.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (6/10/2022), bisa disimak di sini.