SOLOPOS.COM - Sapi-sapi dimandikan di salon sapi milik Setiadi di sekitar Pasar Hewan Jelok, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Kamis (15/7/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, JAKARTA – Menjelang Iduladha 2022, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan daging sapi dari zona bebas penyakit mulut dan kuku (PMK) masih mencukupi kebutuhan.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi, menjelaskan pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan mengawasi lebih ketat jalur distribusi hewan ternak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan begitu, potensi wabah PMK yang dapat mengganggu kestabilan pangan nasional terutama pasokan daging dari hewan ternak dapat dicegah,” kata dia dalam keterangan tertulis Rabu (8/6/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait upaya penanganan dan pengendalian wabah PMK, dia menyebut pemerintah terus bekerja lebih keras dengan menjalin sinergi antar berbagai pihak.

Selain itu, posko crisis center juga terus diawasi secara aktif. Tenaga medis hewan juga bekerja menangani wabah ini dengan optimal. Selain itu ada pelatihan untuk edukasi para penyuluh dan lainnya yang terus dilakukan.

Baca Juga: Wagub Jateng: Hewan Terjangkit PMK Sah Jadi Hewan Kurban! Ini Syaratnya

“Kami terus bekerja extraordinary. Jangan sampai masyarakat maupun peternak terus terdampak akibat adanya PMK ini. Apalagi ini menjelang Hari Raya Iduladha, yang biasanya permintaan daging sapi cenderung meningkat,” lanjut dia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan sebanyak 42.278 ton daging sapi dipastikan tersedia untuk memenuhi konsumsi masyarakat jelang Iduladha 2022. Menurut Syahrul, ketersediaan daging tersebut dapat mencukupi konsumsi dalam negeri serta terbebas dari virus PMK.

“Tidak perlu khawatir karena pasokan dari daerah yang masuk zona hijau, yakni daerah yang tidak ada kasus PMK sangat cukup untuk kebutuhan kita, khususnya untuk Iduladha,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jelang Iduladha 2022, Pasokan Daging Sapi Dipastikan Cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya