SOLOPOS.COM - Pesawat tempur T-50i Golden Eagle di Skuadron Udara 15 Lapangan Udara Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan kepada pihak-pihak yang selama ini menyoroti perkembangan persenjataan TNI agar tidak khawatir atas langkah Republik Indonesia memodernisasi alat utama sistem senjata (alutsita). Langkah memodernisasi persenjataan, menurut Kepala Negara semata-mata untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah.

“Beberapa pihak di luar negeri khawatir atas modernisasi dan peningkatan kekuatan militer Indonesia. Ini tidak perlu terjadi. Indonesia cinta damai, tetapi kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI tentulah harga mati. Perang adalah jalan terakhir jika tidak ada pilihan lain,” kicau Presiden dalam akun Twitter @SBYudhoyono yang dipantau Kantor Berita Antara di Jakarta, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Presiden dalam tweet-nya menyatakan seiring pertumbuhan ekonomi dalam 9 tahun terakhir, wajar saja jika RI memodernisasi alutsista TNI agar mampu melakukan operasi militer gabungan. “Hari ini [Kamis, 13/5/2014] kita menyaksikan 16 unit pesawat tempur T-50i sebagai 1 skadron TNI AU, melengkapi 24 unit pesawat F-16 dan 16 unit Super Tucano. Kita juga melengkapi skadron pesawat Sukhoi,” kata Presiden.

TNI AU juga mendapatkan 9 unit pesawat CN-235, 9 unit pesawat C-130, sejumlah helikopter dan pesawat latih baru, serta pesawat terbang tanpa awak. “Alat utama sistem senjata TNI ini sudah mulai berdatangan sejak tahun 2013 yang lalu. Insya Allah semua akan masuk ke formasi TNI pada tahun 2018,” katanya.

Indonesia, kata Yudhoyono, sedang dan akan terus aktif bermitra serta bekerja sama dengan negara-negara sahabat, termasuk kerja sama pertahanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya