SOLOPOS.COM - Pesawat tempur multiperan Rafale dari Dassault Aviation Prancis, salah satu kompetitor dalam rencana pengadaan pesawat tempur baru Malaysia. (aviationweek.com)

Pesawat tempur multiperan Rafale dari Dassault Aviation Prancis, salah satu kompetitor dalam rencana pengadaan pesawat tempur baru Malaysia. (aviationweek.com)

Pesawat tempur multiperan Rafale dari Dassault Aviation Prancis, salah satu kompetitor dalam rencana pengadaan pesawat tempur baru Malaysia. (aviationweek.com)

LANGKAWI – Malaysia sudah menetapkan lima pabrikan besar sebagai calon pemasok 18 pesawat tempur generasi baru yang akan dibeli menggantikan armada MiG-29 Rusia yang dinilai sudah menua. Kementerian Pertahanan Malaysia menyebut lima merk pesawat tempur yang akan bersaing itu adalah Eurofighter Typhoon yang dipasarkan Inggris, SAAB JAS-39 Gripen dari Swedia, Dassault Aviation Rafale dari Prancis, F/A 18E/F Super Hornet dari Boeing Amerika dan Sukhoi Su-30 Rusia

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Pertahanan Zahid Hamidi yang ditemui di sela-sela pameran kedirgantaraan dan maritim Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) di Langkawi, Malaysia, menyatakan pihaknya masih belum berhitung soal anggaran. “Kami belum tahu berapa,” katanya.

Sejumlah sumber kalangan industri pertahanan menyebut pembelian pesawat baru itu bisa bernilai miliaran dollar, dan akan menambah kekuatan udara Malaysia yang tengah menghadapi krisis sengketa wilayah dengan China dan aktivitas kelompok militan asal Filipina di wilayah Negara Bagian Sabah di pulau Kalimantan.

Keputusan pembelian itu kemungkinan baru diambil setelah Pemilu yang diperkirakan digelar akhir April.

Kelima produsen pesawat itu itu juga ikut serta di LIMA. Empat produsen mengaku mampu menyediakan pesawat sesuai persyaratan Malaysia, sementara pihak Sukhoi memberikan keterangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya