SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir di Alun-alun Utara Jogja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Alun-alun utara Jogja ditata, ditargetkan selesai sebelum 17 Agustus

Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menginginkan penataan Alun-alun Utara (AAU) bisa selesai sebelum 17 Agustus mendatang. Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Tavip Agus Rayanto di Komplek Kepatihan, Senin (27/7/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak Gubernur memberikan deadline sebelum 17-an Agustus penataan harus sudah selesai, sebenarnya itu juga yang ditagih Bu Ratu [GKR Hemas].” Kata Tavip.

Ekspedisi Mudik 2024

Tavip mengatakan penataan AAU perlu dipercepat, terlebih saat ini ruang terbuka yang ada depan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut mulai kumuh lagi. Saat libur lebaran, beberapa waktu lalu, AAU sempat menjadi lahan parkir sementara kendaraan wisatawan, dan para pedagang kaki lima (PKL) berjualan.

Ia mengakui memang penataan AAU karena harus terintegrasi dengan kawasan Malioboro. Namun demikian, penataan AAU segera selesai dalam waktu dekat. “Karena sudah mulai kumuh lagi,” ucap Tavip.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM), Rani Sjamsinarsi mengatakan pembangunan infrastruktur di AAU memang belum sepenuhnya selesai. Rehab bangunan cagar budaya di sisi timur AAU saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Namun, Rani menyatakan, sebagian infrastruktur yang sudah selesai bisa langsung digunakan untuk sementara supaya progres penataan AAU bisa diketahui masyarakat, “Seperti gerobak semi permanen untuk PKL yang sudah selesai pengerjaannya bisa dimanfaatkan,” kata Rani.

Ihwal digunakannya AAU sebagai lokasi parkir saat libur lebaran, Rani mengaku minimnya koordinasi. Menurut Rani, sudah ada tim percepatan pembangunan lima sumbu filosofi Jogja, yakni Kraton, Pura Pakualam, Malioboro, Kotagede, Kotabaru dan Makam Imogori.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono menyatakan rehab bangunan cagar budaya pekapalan akan selesai pada Oktober mendatang. “Penataan PKLnya saya kira sudah selesai, tinggal bangunan pekapalan bisa sambil berjalan,” ucap Umar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya