Alun-Alun Sragen Dilengkapi Wifi Gratis 20 Mbps
Sepuluh gading gajah raksasa yang menjadi wajah baru Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Rabu (26/12/2018). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com SRAGEN -- Selain diperindah dengan 10 replika gading gajah dan 28 pergola, Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen kini juga dilengkapi jaringan Internet nirkabel (wifi) gratis dengan kecepatan akses hingga 20 megabyte per second (Mbps).

Alun-alun tersebut siap dibuka untuk umum pada momen pergantian tahun nanti. Sebagai persiapan, puluhan pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Sragen dan petugas kebersihan bersama-sama membersihkan Alun-alun, Rabu (26/12/2018).

Bersih-bersih tersebut dipimpin Kepala Disperkim Sragen, Zubaidi. “Bersih-bersih tersebut dilaksanakan selama satu jam. Ya, sambil mencari keringat sekaligus mendukung proses finishing pembangunan 10 gading gajah setinggi lima meter, baliho, dan 28 pergola besi. Hari ini [kemarin] pembangunan penataan Alun-alun senilai Rp800 juta selesai. Itu tinggal finishing,” ujar Zubaidi saat ditemui Solopos.com, Rabu.

Zubaidi menyampaikan setiap pergola ada kursi besi yang nyaman untuk nongkrong anak-anak muda. Nanti setelah Tahun Baru, Zubaidi menyiapkan tanaman merambat di setiap pergola sebagai penghias sekaligus peneduh pengunjung.

“Ke depannya di antara pergola itu akan kami tanami tanaman bunga bewarna-warni untuk mempercantik wajah Alun-alun,” tuturnya.

Zubaidi mengatakan Alun-alun ini sudah siap digunakan untuk perayaan pergantuan Tahun Baru 2019 lewat acara Sragen Berselawat dengan menghadirkan Habib Syech Abdulkadir Assegaf. Dia khawatir bila penataan tanaman dilakukan sebelum Tahun Baru, taman-taman baru itu bisa rusak karena diinjak-injak warga.

Dia menjelaskan 10 replika gading gajah raksasa sudah selesai dipasang. Dia mengatakan tinginya memang lima meter dan lebih tinggi dari pancuran air pada dua kolam bundar di Alun-alun yang tinginya 6 meter.

“Ya, antara tinggi pancuran air dan tinggi gading gajah memang selisih 1 meter. Kalau saya buat lebih tinggi gading gajahnya maka butuh ruang yang luas untuk pengambilan gambarnya saat warga berswafoto atau foto bersama. Dengan tinggi gading gajah lebih pendek itu sebenarnya menyesuaikan ruang saja,” katanya.

Terpisah, Kabid Infrastruktur Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen, Aris Munandar, menyampaikan di Alun-alun sudah ada fasilitas Internet nirkabel gratis dengan kecepatan 20 mbps. Fasilitas tersebut, kata dia, dipasang di antara dua air mancur kembar.

“Untuk ruang publik di Sragen sudah ada wifi gratis berkapasitas besar. Ya, kan memang untuk publik, terutama anak-anak muda. Fasilitas itu tanpa kata kunci,” tuturnya.

Avatar
Editor:
Suharsih


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom