SOLOPOS.COM - Gerbang SMAN 1 Semarang (Buku SMA dari Masa ke Masa)

Solopos.com, SEMARANG — Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Semarang di Jawa Tengah yang merupakan SMA tertua di Indonesia ternyata memiliki sejumlah alumni terkenal baik menjadi pejabat negara maupun artis ibu kota.

Sebagai informasi, SMAN 1 Semarang yang terletak di Jl Taman Menteri Supeno, Semarang ini didirkan pada 1936 saat masa penjajahan Belanda. Berdirinya sekolah ini juga tak bisa lepas dengan lahirnya Hogre Burgerschool (HBS) di Semarang pada 1877.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak diresmikan menjadi SMA Negeri 1 Semarang pada 1936, sekolah ini sempat berganti-ganti penggunaannya. Pada masa penjajahan Jepang, gedung SMA Negeri 1 Semarang ini juga pernah menjadi pusat pendidikan militer Jepang. Bahkan, ketika Belanda mengambil alih sekolah ini, SMAN 1 Semarang sempat menjadi rumah sakit. Lalu, pada 1946, fungsinya dikembalikan menjadi sekolahan.

Baca Juga:  5 Fakta Pernikahan Adik Jokowi: Judika Bintang Tamu, Jokowi Jadi Wali

Ekspedisi Mudik 2024

Terlepas dari hal tersebut, ternyata SMAN 1 Semarang, SMA tertua di Indonesia mempunyai sejumlah alumni yang cukup terkenal di Tanah Air. Mereka ada yang menjadi pejabat negara hingga artis ibu kota.

Lalu, siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut, yang Solopos.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Karanganyar, Cek Sekarang!

5 Alumni SMA Tertua di Indonesia

1. Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo wajibkan pegawai pemerintah gunakan aplikasi pedulilindungi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. (Antara)

Politis PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ini ternyata alumni dari SMAN 1 Semarang.

Tercatat dalam situs Ikaundipjakarta.org, Tjahjo Kumolo menempuh pendidikan dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi di Semarang. Ia menempuh pendidikan di SD Rejosari pada 1970, SMPN 1 Semarang pada 1973, SMAN 1 Semarang pada 1976 dan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) pada 1985.

Baca Juga: Ternyata Ini Letak Titik 0 KM Wonogiri, Bukan di Alun-alun!

2. Sutiyoso

Kepala BIN, Sutiyoso. (JIBI/Antara/Wahyu Putro A.)

Pria yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta ini ternyata juga alumni dari SMA tertua di Indonesia yang berada di Jateng, SMAN 1 Semarang.

Dia lulus dari SMAN 1 Semarang pada tahun 1963.

Baca Juga: Daftar Pembagian Wilayah Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Solo

3. Hendrar Prihadi

Tangkapan layar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat mengimbau masyarakatnya untuk tidak menggunakan masker saat berolahraga. (Instagram—hendrarprihadi)
Tangkapan layar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat mengimbau masyarakatnya untuk tidak menggunakan masker saat berolahraga. (Instagram—hendrarprihadi)

Politisi PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai Wali Kota Semarang ini juga merupakan lulusan SMAN 1 Semarang, SMA tertua di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Hendi ini menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Semarang. Berdasarkan situs Hendrarprihadi.com, Hendi lulus SD Gergaji Semarang pada 1984, lalu melanjutkan ke SMPN 3 Semarang dan lulus pada 1987. Kemudian, dia duduk di bangku SMAN 1 Semarang dan dinyatakan lulus 1990.

Baca Juga: Diklaim Masih Ada, Apa Sih Beda Harimau Jawa dan Sumatra?

4. Anindya Kusuma Putri

Anindya Kusuma Putri (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI/Solopos)

Putri Indonesia 2015 ini ternyata juga alumni dari SMAN 1 Semarang, SMA tertua di Indonesia.

Bersumber dari akun Linkedin miliknya, Anindya Kusuma Putri ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Semarang selama tiga tahun, dari 2007-2010.

Baca Juga: Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

5. Oka Sugawa

Aktor yang bernama lengkap Ida Bagus Made Oka Sugawa ini ternyata juga alumni SMAN 1 Semarang, SMA tertua di Indonesia.

Dia dikenal masyarakat setelah sukses berepran sebagai Lupus di sinetron perdanannya, Lupus pada 1995. Selain Lupus, terbaru dia juga membintangi film Lagi-Lagi Ateng dan Orang Kaya Baru pada 2019 silam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya