SOLOPOS.COM - Rekan-rekan satu angkatan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM tahun 1980 menunjukkan foto kebersamaan mereka saat Dies Natalis. (Harianjogja.com-Anisatul Umah)

Solopos.com, SLEMAN — Ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat karena dituding palsu. Kendati demikian, tudingan itu ramai-ramai dibantah teman-teman seangkatan Jokowi di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Rekan-rekan satu angkatan Jokowi hadir dalam acara Dies Natalis ke-59 Fakultas Kehutanan UGM. Mereka turut memamerkan foto-foto kebersamaan dengan Jokowi saat beraktivitas di kampus hingga naik gunung bersama. Tak ketinggalan foto dari ijazah Jokowi juga mereka pamerkan ke publik.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Person In Charge Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (Kagamahut) Angkatan 1980, Mustofa Iskandar, mengatakan Joko Widodo adalah alumnus Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980.

“Kami alumni Fakultas Kehutanan UGM Angkatan 1980 ingin menyampaikan terkait keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo. Kami memastikan bahwa rekan kami Ir Joko Widodo adalah bagian dari alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980, it’s clear,” ucapnya dalam konferensi pers, Jumat (21/10/2022).

Sebagai sesama alumni, menurutnya ada tanggung jawab moril untuk meluruskan isu yang beredar di publik mengenai keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo. “Karena sesungguhnya kami alumni UGM 1980 adalah saksi hidup bukan hanya mendengar, tapi kami melihat dan menyaksikan dan berinteraksi langsung selama mengikuti perkuliahan di Fakultas Kehutanan UGM,” jelasnya.

Baca juga: Teman Sekelas Jokowi di SMAN 6 Solo Kenang Masa Sekolah: Paling Ogah Dicontek

Jika dibutuhkan, Kagama Bantuan Hukum (KBH) siap memberikan bantuan. Menurutnya ada tanggung secara moral untuk meluruskan isu yang beredar mengenai ijazah Jokowi. “Sehubungan dengan tugas utama KBH memberikan pembelaan hukum pada alumni, sehinga atas tudingan pihak yang tidak bertanggung jawab mengenai keabsahan dari salah satu alumni kami, KBH siap turun tangan,” paparnya.

Ketua Bidang Litigasi Kagama Bantuan Hukum (KBH), Mandela Sinaga, mengatakan KBH siap memberikan pendampingan kepada alumni UGM yang membutuhkan bantuan hukum. “Kami merasa sama-sama terpanggil untuk meluruskan. KBH selalu siap sedia apabila ada anggota Kagama yang membutuhkan bantuan hukum,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dituding menggunakan ijazah palsu dari UGM saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019-2024. Tudingan itu sebenarnya telah dibantah Rektor UGM Yogyakarta, Prof dr Ova Emilia, yang menyatakan ijazah Jokowi dari Prodi S1 Fakultas Kehutanan angkatan 1980 asli.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Setelah Rektor, Giliran Alumni Fakultas Kehutanan UGM Tegaskan Ijazah Jokowi Asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya