SOLOPOS.COM - Para alumni Arsitektur UNS berfoto dalam acara Munas Kartuns 2022, Sabtu (26/11/2022) di UNS. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO— Musyawarah Nasional (Munas) dan temu kangen Keluarga Alumni Arsitektur UNS (Kartuns) 2022 selesai digelar, Sabtu (26/11/2022) lalu. Sebagai keluarga alumni Program Studi Arsitektur Universitas Sebelas Maret (UNS), Kartuns ingin terus berkontribusi untuk almamater.

Munas Kartuns 2022 menjadi Munas yang cukup istimewa karena melibatkan alumni empat dekade. Meski tidak semuanya hadir secara langsung, namun setiap angkatan telah berkontribusi dengan memberikan nama kandidat ketua Kantuns periode empat tahun ke depan. Sebagian alumni juga mengikuti Munas secara online.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau melibatkan alumni dari 40 tahun terakhir, maka ada sekitar 2.000 alumni di dalamnya. Tidak mungkin mengundang semuanya. Maka sebelumnya kami sudah melakukan penjaringan, setiap angkatan mengirim satu nama sebagai kandidat,” kata Ketua Panitia Munas Kartuns 2022, Selvia Agnastia Ulva, saat berkunjung di Griya Solopos, Selasa (29/11/2022). Disebutkan Munas Kartuns 2022 telah digelar pada Sabtu (26/11/2022) di Gedung UNS Tower.

Munas Kartuns 2022 juga digelar dengan proses yang cukup panjang. Setelah pengajuan nama dari masing-masing Angkatan, juga dilakukan penjaringan lagi.

“Sebab ternyata tidak semuanya mau, akhirnya menyaring lagi. Sampai akhirnya terpilih empat nama sebagai kandidat,” kata dia. Setelah melalui proses panjang, akhirnya terpilih Ketua Kartuns periode 2022-2026, yakni Dian Ariffianto Budi Susilo. Dian merupakan alumni Arsitektur UNS angkatan 2000. Dia juga pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Wilayah Surakarta periode 2021-2024.

Baca Juga: 47 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Ikut Uji Kompetensi Jurnalistik

Lebih lanjut Selvia menyampaikan, Kartuns selama ini memiliki kegiatan yang telah berjalan rutin. Di antaranya adalah pemberian beasiswa kepada mahasiswa arsitektur di UNS yang masih aktif.

“Per semester Rp2,5 juta, ada 10 orang [setiap Angkatan]. Kami sudah tiga kali memberikan beasiswa itu,” jelas dia.

Kartuns juga cukup aktif dalam menggelar aksi sosial. Terakhir adalah menyalurkan bantuan kepada korban musibah di Cianjur. Penggalangan dana juga dilakukan langsung saat Munas 2022 berlangsung.

Selain itu Kartuns juga masih terus menjalin komunikasi dengan almamater. Dalam beberapa kegiatan seminar yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur UNS juga melibatkan para alumni untuk menjadi narasumber. Bahkan mulai tahun ini, Kartuns telah memiliki kantor perwakilan di lingkungan Fakultas Teknik UNS.

Baca Juga: Pamit Pulang, Tim SAR UNS Ditangisi Puluhan Anak Korban Gempa Cianjur

Sementara itu sebagai Ketua Kartuns periode 2022-2026, Dian akan segera melaksanakan beberapa program prioritas. Di antaranya adalah mengumpulkan data-data yang ada dari kepengurusan sebelumnya untuk kemudian melanjutkannya.

Selanjutnya puhaknya juga akan menyiapkan pembentukan pengurusan dan dewan penasehat. Dalam waktu dekat pihaknya juga akan berkomunikasi dengan pihak Prodi dan fakultas serta ikatan alumni UNS untuk sinkronisasi program ke depan. Kegiatan lain dalam waktu dekat adalah menggelar rapat program kerja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya