SOLOPOS.COM - Pembalap Ferrari, Fernando Alonso, menjadi yang tercepat pada sesi latihan Formula One (F-1) di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Kamis (21/2/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Ferrari, Fernando Alonso, menjadi yang tercepat pada sesi latihan Formula One (F-1) di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Kamis (21/2/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

BARCELONA – Pembalap Ferrari, Fernando Alonso menjadi yang tercepat di hari ketiga sesi tes pramusim Formula One (F1) di Barcelona, Kamis (21/2) waktu setempat. Alonso yang menggunakan armada barunya, F138 mampu menyelesaikan 97 lap dengan catatan waktu 1 jam 21, 875 detik.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Juara dunia F1 dua kali ini kemudian menyerahkan jet daratnya kepada rekannya, Felipe Massa untuk menjalani tes selanjutnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami berusaha berkonsentrasi dan membandingkan senyawa mobil. Dimulai dengan soft kemudian berganti dengan piranti keras pada sore hari. Treknya juga dalam kondisi yang lebih dingin dari kemarin,” ungkap Alonso, seperti dilansir Autosport, Jumat (22/2/2013) WIB.

Pembalap 31 tahun ini menambahkan, pada pagi hari kondisi lintasan sangat dingin. Dengan demikian, semakin menambah beart adaptasi mobil serta penentuan ketepatan level grip-nya. Ia kemudian mencoba konfigurasi aerodinamik untuk kali pertama.

Di samping itu, Ferrari juga melakukan pergantian ban sehingga didapatkan piranti yang pas untuk melewati tes ini. Termasuk di dalamnya degradasi ban. Menurutnya, perubahan tersebut berdampak pada mobilnya. Efek penggantian itu justru sangat berguna dan bekerja baik di lintasan.

Hasil bagus ini menjadi modal penting bagi timnya untuk menghadapi tes selanjutnya. Pasalnya, tekanan yang datang akan lebih besar dari sebelumnya.

“Sekali lagi di musim ini, ban menjadi masalah yang sangat krusial untuk di atasi. Ban-ban itu terkadang soft dan cepat. Akan tetapi, seringkali tidak konsisten. Piranti ini terus berubah setiap lapnya. Kami harus bekerja keras untuk lebih mengerti bagaimana mendapatkan keseimbangan mobil dengan keadaan seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu, di belakang Alonso tampaknya hari baik bagi pembalap Sauber, Nico Hulkenberg. Pembalap Jerman ini mencatatkan waktu yang cukup bagus. Seperti halnya Alonso, Hulkenberg memakai ban yang lebih soft dalam balapan ini.

Di tempat ketiga pembalap Lotus, Romain Grosjean juga memperlihatkan kepiawaiannya dengan jet darat, E21. Kondisi ini jauh berbeda dengan rekannya Kimi Raikkonen yang masih berkutat dengan masalah teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya