SOLOPOS.COM - All New Swift mulai menggantikan Swift generasi pertama dengan totally change design. Salah satu variannya, Pearl Snow White. (Holy Kartika NS/JIBI/Harian Jogja)

All New Swift mulai menggantikan Swift generasi pertama dengan totally change design. Salah satu variannya, Pearl Snow White. (Holy Kartika NS/JIBI/Harian Jogja)

JOGJA—Generasi teranyar Suzuki Swift akhirnya diluncurkan, Sabtu (17/11/2012). All New Swift hadir menggairahkan kembali pasar mobil hatchback sporty dengan model lebih stylish dan canggih.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Mobil generasi kedua Swift ini mulai resmi diluncurkan untuk wilayah Jogja, Kedu dan Banyumas. Dengan varian ini Suzuki optimistis dapat merebut kembali kejayaan Swift generasi pertama yang pernah mencapai kejayaan di tahun 2007 silam.

“Swift pertama pernah mengalami penjualan tertinggi dengan kontribusi mencapai 18,7 persen. Dan kami optimis dengan seri All New Swift, pasar tersebut dapat kami rebut kembali,” ujar Direktur Utama PT Sumber Baru Mobil (Main dealer Suzuki Mobil area Jogja, Kedu dan Banyumas) Hendra Kurniawan saat jumpa pers di Suzuki PT. Sumberbaru Anekamotor, jalan Adisucipto km 7,5.

Pasar sedan mini hatchback di Indonesia tak dipungkiri semakin marak. Sejumlah pesaing Swift pun sudah lebih dulu menguasai pasar. Kali ini Suzuki menghadirkan city car yang lebih canggih dan ramah lingkungan serta dengan desain yang lebih atraktif.

“Pasar mobil mulai dikuasai mobil sedan mini hatchback mencapai 79 persen. Kami pun optimisris All New Swift ini dapat diterima baik di pasaran, sesuai kelasnya,” imbuhnya.

Desain terbaru dari Suzuki Swift ini hampir seluruhnya merupakan regenerasi Swift lama. Seperti yang disampaikan General Manajer PT SBM Harryawan Wibowo, baik dari interior desainnya hingga eksteriornya. Bahkan teknologi yang diaplikasikan pun berbeda dan lebih baik.

“Ini merupakan All New Swift, konsepnya Totally Change. Karena semuanya dirombak total dari desain Swift lama,” tegas Harryawan.

Desain All New Swift ini memiliki bodi lebih panjang dan kabin lebih luas. Sehingga dapat memuat lebih banyak penumpang. Tak hanya itu, eksteriornya pun nampak lebih sporty dan tegas dengan tampilan bodi depan dan belakang.

“Front grille tampil dengan U shape, di mana ini menjadi karakter dan ciri khas baru dari kami. Di bagian belakang pun demikian. Lalu pada bagian headlamp juga lebih tegas,” katanya.

Selain eksteriornya yang nampak lebih tegas dan sporty. Mobil inipun mengadopsi Italian Design, di mana sentuhan Eropa membalut mobil sedan mini hatchback ini.

“Ini benar-benar mobil bergaya Eropa. Karena kalau sekarang melihat film-film luar negeri, Swift ini lebih bergaya Italian Design,” tandasnya.

Dilengkapi dengan teknologi canggih pada bagian Start Systemnya. Dimana tidak lagi menggunakan kunci manual, tapi mulai menggunakan tombol Keyless Puss. Swift baru ini mesinnya akan langsung menyala hanya dengan menekan tombolnya.

Hendra menambahkan varian inipun didesain fun to drive dan comfortable. Variable Gear Ratio yang ada pada mobil ini membuat mobil ini menjadi lincah saat dikendarai. “Teknologi ini membuat mobil antiselip di kondisi jalan apapun. Tentunya juga untuk memperlincah kemudi,” imbuhnya.

Car city inipun juga didesain ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Harrywan mengatakan engine yang digunakan pada Switf baru ini berbeda dengan Swift generasi pertama.

“All New Swift engine nya sama yang digunakan pada Ertiga. Efisiensi bahan bakarnya kan lebih baik. Harganya kami bandrol mulai Rp170,8 juta hingga Rp188,6 juta untuk wilayah Jogja, Banyumas dan Kedu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya