SOLOPOS.COM - Alisson Becker (Clicrbs.com)

Solopos.com, JAKARTA--Dua blunder yang dilakukan Alisson Becker menghadiahkan kemenangan 4-1 bagi Manchester City atas Liverpool di Stadion Anfield dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris pada Minggu (7/2/2021) waktu setempat Senin (8/2/2021) WIB.

Seperti dilansir Antaranews dari laman resmi Inggris, dua blunder Alisson tersebut berujung gol kedua Ilkay Gundogan serta gol Raheem Sterling, disusul gol penutup gemilang Phil Foden, membuat gol tendangan penalti Mohamed Salah tak ada artinya.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

City, yang melanjutkan tren positif mereka meraih 10 kemenangan beruntun, semakin memantapkan posisi di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 50 poin atau unggul lima poin atas pesaing terdekat Manchester United.

Sedangkan Liverpool (40) yang menyulap rekor positif 68 laga nirkalah di Anfield menjadi tren negatif lima laga nirmenang beruntun, tertahan di peringkat keempat dan agaknya harus melupakan perjuangan mempertahankan gelar juara.

Baca Juga: 81 Warga Nusukan Solo Isolasi Mandiri, Sibat Galang Bantuan

Babak pertama City tampil begitu mendominasi pertandingan, tetapi tak banyak menciptakan peluang berarti, malah gawang mereka sempat terancam oleh sundulan melambung Sadio Mane dan tembakan voli Roberto Firmino yang mampu dimentahkan kiper Ederson Moraes.

Pada menit ke-37, City mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan setelah Fabinho secara teledor melanggar Sterling di dalam area terlarang yang disambut wasit Michael Oliver dengan respon instan menunjuk titik putih. Namun, Gundogan yang menjadi algojo malah mengeksekusi tendangan penalti yang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Gundogan membayar lunas kesalahannya itu dengan membuka keunggulan City empat menit memasuki babak kedua, ketika ia menyambar bola muntah hasil tembakan Foden yang tak dihentikan sempurna oleh Alisson sebelumnya.

Baca Juga: Manchester United Lepas 3 Poin Saat Laga Lawan Everton Berakhir 3-3

Berusaha Bangkit

Liverpool berusaha bangkit dan sebuah serangan balik berbuah tendangan penalti ketika Salah yang berusaha mengendalikan bola umpan jauh kiriman Trent Alexander-Arnold dilanggar oleh Ruben Dias.

Salah dengan dingin memperdaya Ederson untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-63 sembari menyudahi tren positif nirbobol yang dimiliki City dalam enam pertandingan sebelumnya,

Alih-alih memanfaatkan gol itu sebagai momentum kebangkitan, lini pertahanan Liverpool yang memang amat sangat rapuh sejak kehilangan Virgil van Dijk kembali memperlihatkan lubang yang menganga.

Baca Juga: UMKM Terancam, Dokter Tirta Ingatkan PPKM Bisa Salah Sasaran

Pada menit ke-73, Alisson melakukan blunder umpan yang malah jatuh ke hadapan Foden dan talenta muda itu dengan dingin melewati hadangan Andy Robertson serta Jordan Henderson untuk mengirim umpan tarik matang yang disontek Gundogan di muka gawang demi merestorasi keunggulan City 2-1.

Tiga menit kemudian, Alisson kembali melakukan blunder saat sekali lagi bola sapuannya malah jatuh ke pemain City dan Bernardo Silva mengirim umpan cungkil yang tinggal ditanduk oleh Sterling di area tiang jauh untuk membuat kedudukan jadi 3-1.

Gol itu sekaligus menandai Sterling sebagai pemain ketiga yang mencapai raihan 100 gol di bawah asuhan Pep Guardiola setelah megabintang Barcelona Lionel messi dan penyerang andalan City, Sergio Aguero.

Baca Juga: Liga 1 Dipusatkan Di Solo, Suporter Khawatir Persis Solo Makin Tersisih

Situasi semakin menyedihkan bagi Liverpool sebab semangat mereka untuk bangkit dimatikan oleh aksi individual menawan Foden, yang melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum melepaskan tembakan keras untuk memperdaya Alisson yang malam ini tampil amat sangat buruk dan mengunci kemenangan 4-1 pada menit ke-83.

Hasil itu sekaligus membuat Liverpool untuk pertama kalinya menelan tiga kekalahan laga kandang beruntun di liga sejak September 1963.

Kedua tim akan kembali merumput pada Sabtu (13/2/2021) saat Liverpool bertandang ke markas Leicester City dan di laga lain City menjamu Tottenham Hotspur di Etihad. Namun, sebelum itu pada Rabu (10/2/2021) City akan terlebih dulu menyambangi kandang tim strata kedua Swansea City dalam laga putaran kelima Piala FA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya