SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bangku Siswa (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Bangku Siswa (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Bangku Siswa (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten berencana mengganti status SMAN Gantiwarno menjadi SMK pada tahun ajaran (TA) 2014/2015. Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir SMA tersebut selalu sepi peminat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Disdik Klaten, Pantoro, mengatakan sepinya peminat yang masuk ke SMAN Gantiwarno salah satu penyebabnya adalah letak sekolah yang saling berdekatan, salah satunya adalah SMAN Wedi. Selain itu, saat ini cukup banyak siswa yang lebih memilih SMK sebagai sekolah lanjutan ketimbang SMA. Sebab, tren pendidikan kejuruan ataupun vokasi saat ini sedang booming dan lebih banyak diminati.

“Makanya, SMKN Gantiwarno siswanya selalu banyak, sedangkan SMAN Gantiwarno malah sedikit,” jelasnya kepada wartawan, Jumat (8/11/2013).

Untuk mengatasi sepinya peminat tersebut, pihaknya telah merencanakan agar SMAN Gantiwarno tidak menerima siswa pada TA 2014/2015. Nantinya, SMAN Gantiwarno akan digabung menjadi SMKN Gantiwarno dan menerima siswa SMK kelas X pada tahun depan. Sedangkan, siswa kelas XI dan XII yang sekolah di SMAN Gantiwarno tetap melanjutkan belajar mereka hingga lulus.

“Istilahnya, SMAN Gantiwarno dihapus dan pada TA 2014/2015 sekolah tersebut menerima siswa SMK,” tegas Pantoro.

Menurutnya, pergantian status SMA menjadi SMK tersebut baru kali pertama ini terjadi di Klaten. Hal itu harus dilakukan untuk menyelamatkan sekolah itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya