SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Sekolah secara Luring. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Pelaksanaan ujian sekolah kelas VI SD dan kelas IX SMP di Wonogiri berjalan lancar. Ujian sekolah di Wonogiri dilaksanakan secara luar jaringan (luring).

Demikian penjelasan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Gino, saat ditemui Solopos.com di kantor Disdikbud Wonogiri, Jumat (22/4/2022). Para peserta mengerjakan soal ujian di sekolah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ujian sekolah dilaksanakan, sejak Senin-Sabtu (18-23/4/2022). Ujian dilakukan secara tertulis,” kata Gino.

Gino mengatakan pelaksanaan ujian sekolah tetap menaati protokol kesehatan (prokes) meski kasus Covid-19 sudah melandai dalam beberapa waktu terakhir. Seluruh sekolah dinilai sudah memiliki sarana dan prasarana yang baik untuk menerapkan prokes.

Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Wonogiri Beroperasi Lagi Pekan Depan, Ini Rutenya

Di tengah siswa kelas VI SD dan IX SMP melaksanakan ujian sekolah, siswa Kelas I-V SD dan kelas VII-VIII SMP tidak diliburkan. Siswa yang tak melaksanakan ujian sekolah tetap mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring di rumah masing-masing.

“Secara regulasi siswa tidak diwajibkan mengikuti PTM. Boleh saja, tetap PJJ. Tapi kenyataan di lapangan, semua orang tua justru mendorong PTM secara penuh,” ujar Gino.

Kepala Sekolah SMPN 3 Wonogiri, Nur Cahyo, menjelaskan pelaksanaan ujian sekolah sudah menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah. Siswa dari rumah sampai di sekolah tetap menggunakan masker.

Baca Juga: PTM 100 Persen Digelar di Wonogiri setelah Vaksinasi Anak Selesai

“Tiap-tiap kelas hanya diisi setengah dari total jumlah siswa dalam satu kelas, yaitu 16 anak. Jarak meja pun cukup jauh. Sehingga dipastikan aman,” katanya.

Vaksin

Menurut Cahyo, semua peserta ujian sekolah sudah divaksin minimal dosis satu dan dosis dua. Begitu juga dengan tenaga pengajar yang hampir seluruhnya sudah vaksinasi booster.

“Kecuali satu anak yang belum vaksin. Itu karena faktor orang tua.” katanya.

Baca Juga: 83.364 Anak di Wonogiri Jadi Sasaran Vaksinasi Sinovac

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 2 Wonogiri, Utami Padriastuti, menyampaikan ujian sekolah berjalan lancar tanpa kendala.

“Saya cek, semua siswa mengikuti ujian dengan baik. Sebanyak 246 siswa yang mengikuti ujian, tidak ada yang pernah absen,” ujar Utami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya