SOLOPOS.COM - Pos pemantauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-29 Wonogiri di Pondok Pesantren Sempon, Jatisrono, Wonogiri. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Seluruh warga di Pondok Pesantren Sempon yang terpapar Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, ada 38 orang yang terdiri dari santri, pembina, dan keluarga Ustaz Saefudin Arifin yang terpapar Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan Satgas telah melakukan tracing klaster Sempon tahap terkahir atau yang ketiga.

Ramai Diisukan Bakal Lawan Kotak Kosong, Gibran: Yang Tetapkan Peserta Pilkada Solo Itu Kan KPU!

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak ponpes untuk melakukan pemulihan di lingkungan ponpes. Meski sudah dinyatakan sembuh, kami berharap warga Sempon tetap menjalankan protokol kesehatan," kata pria yang akrab disapa Jekek itu kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020).

Atas kondisi tersebut, menurut dia, Satgas akan mencabut pos pengamatan yang dua pekan lalu didirikan di depan ponpes. Satgas juga akan menyanggupi permintaan yang diajukan para pemimpin pondok pesantren di Wonogiri.

Mbok Sonem Nekat Tutup Jalan Kampung di Tanon Sragen Pakai Tembok, Ini Alasan Lengkapnya

Permintaan tersebut yakni alat perlindungan diri berupa masker, sarung tangan, hand sanitizer dan alat pelindung diri (APD) lainnya. APD akan digunakan untuk melakukan kegiatan di ponpes.

"Kami penuhi kebutuhannya. Kami meminta pengasuh ponpes nantinya bisa mengedukasi para santri ketika beraktivitas," ujar dia.

Gedung PGRI

Satgas Wonogiri, lanjut dia, telah menutup gedung PGRI Wonogiri yang dijadikan pondok sehat Covid-19. Awalnya, gedung tersebut digunkan untuk nakes yang terpapar Covid-19.

"Dengan melihat perkembangan kasus Covid-19 yang menimpa nakes, kami putuskan untuk menutup gedung tersebut. Hal itu dalam rangka efisiensi dan akselerasi," ungkap dia.

Mahasiswa Unnes Semarang Adukan Nadiem Makariem ke Komnas HAM, Ada Apa?

Saat ini para nakes yang masih positif Covid-19 menjalani isolasi khusus di rumah dinas direktur RSUD dan di beberapa bangsal RSUD. Ruang dan tempatnya masih mencukupi. Sehingga Gedung PGRI tidak difungsikan kembali sebagai tempat isolasi.

10 Berita Terpopuler: Jika Purnomo Maju Cawali Solo, Putri Woelan Cucu PB XII Siap Jadi Cawawali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya