SOLOPOS.COM - Pesawat Citilink tiba perdana di Bandara Ngloram, Kabupaten Blora, setelah kembali dioperasikan atau melayani penerbangan komersial, Jumat (27/1/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BLORA — Setelah sempat terhenti operasionalnya akibat pandemi Covid-19, Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), akhirnya kembali melayani penerbangan pada Jumat (27/1/2023). Adalah pesawat maskapai Citilink yang menjadi pesawat pertama yang mendarat di Bandara Ngloram sebagai penandan bandara di Kecamatan Cepu itu telah kembali beroperasi.

Kedatangan pesawat Citilink dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta di Bandara Ngloram itu turut disambut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; Bupati Blora, Arif Rochman; serta Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Alhamdulillah hari ini kami terbang kembali ke Blora, beberapa bulan kami senpat libur namun hari ini adalah hari yang sangat berbahagia,” ucap Dewa Kadek.

Ekspedisi Mudik 2024

Dewa mengatakan dibukanya rute Jakarta-Blora ini tidak lepas dari dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Blora Arif Rochman dan juga DPR pusat. “Berkat dukungan Bapak Gubernur, Pak Bupati, dari DPR dan semua stakeholder sehingga operasi pesawat ke Blora ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Blora Arif Rochman mengaku senang karena akhirnya Bandara Ngloram bisa kembali beroperasi. Guna menjaga keterisian penumpang, Pemkab Blora akan menggandeng pemkab yang ada di sekitar Kabupaten Blora.

“Ini menciptakan market yang bagus dulu, dan kami juga mengupayakan agar berbagai pihak ini bisa memanfaatkan bandara ini dan kami menggandeng pemkab-pemkab di sekitar. Hadir di sini perwakilan Bojonegoro, Tuban, ada Rembang kemudian dari Pati, Grobogan, nanti bisa mengisi keterisian bandara,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Ganjar memberikan apresiasi kepada Bupati Blora yang telah mengupayakan agar Bandara Ngloram kembali beriperasi. Meski baru melayani satu maskapai, Ganjar optimistis ke depan animo bandara tersebut akan meningkat.

“Nah ini PPKM dicabut sama Pak Presiden, maka banyak event yang mesti dibuat agar penerbangan bisa rutin dari dua kali sepekan. Harapannya, bisa setiap hari,” ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan Bandara Ngloram di Blora didesain puluhan tahun dengan harapan mendukung akses Blok Cepu. Memberikan alternatif akses yang lebih cepat, selain moda transportasi existing.

“Nah sekarang kita tingkatkan lagi upayanya dengan memulai kembali penerbangan, Alhamdulillah hari ini Jumat berkah bisa terbang lagi,” kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya