Luar Biasa! Greysia Polii/Apriyani Rahayu Persembahkan Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani membukukan sejarah bagi Indonesia seusai menumbangkan pasangan China Chen Qingchen/Jia Yi Fan 21-19 21-15 pada laga final ganda putri cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020

 Greysia Polii/Apriyani Rahayu  (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa)

SOLOPOS.COM - Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa)

Solopos.com, TOKYO–Indonesia akhirnya meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Emas pertama Merah Putih itu dipersembahkan oleh ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Senin (2/8/2021).

Greysia/Apriyani membukukan sejarah sebagai ganda putri pertama yang menyumbangkan medali emas bagi Indonesia seusai menumbangkan pasangan China Chen Qingchen/Jia Yi Fan 21-19 21-15 pada laga final di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021) siang WIB. Pertarungan sengit sudah tersaji di awal laga. Tetapi, Greysia/Apriyani mampu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perlawanan dari Chen/Jia. Alhasil, ganda putri Indonesia sudah memimpin sejak awal laga dengan skor 5-2.

Promosi”Filipinaisasi” Indonesia

Reli-reli panjang pun kerap tersaji dalam pertandingan final ini. Namun, Greysia/Apriyani mampu menangani tekanan yang ada dengan baik hingga terus memperbesar keunggulannya dan memimpin di interval dengan skor 11-8. Tertinggal tiga angka, Chen/Jia berusaha mengejar usai interval. Mereka pun bisa bangkit di awal hingga merebut tiga poin beruntuh. Alhasil, kedudukan sempat imbang menjadi 11-11.

Baca Juga: Soal Ucapan Presiden AS, Wagub DKI: Jakarta Tak Akan Tenggelam

Mendapati kondisi ini, Greysia/Apriyani tak tinggal diam. Mereka berusaha memberi tekanan kembali ke ganda putri China agar tak leluasa memegang ritme permainan. Usaha demi usaha yang dilakukan ganda putri peringkat lima itu pun berhasil berbuah manis.

Greysia/Apriyani kembali memegang kendali permainan dan terus meninggalkan jauh rivalnya dengan skor 15-12. Meski Chen/Jia terus mengejar, Greysia/Apriyani bisa tetap menjaga keunggulannya. Laga game pertama pun rampung dengan skor 21-19.

Di game kedua, Greysia/Apriyani terus mempertahankan tren positifnya. Mereka bisa tampil trengginas sejak awal laga hingga unggul sangat jauh dengan skor 7-2! Keunggulan Greysia/Apriyani pun tak terusik hingga menyentuh interval dengan skor 11-7.

Baca Juga: Semifinal Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020: Meksiko Bertemu Brasil, Jepang Hadapi Spanyol

 

Tak Terbendung

Setelah interval, laju Greysia/Apriyani makin tak terbendung. Mereka bisa merebut angka demi angka dengan lebih leluasa hingga meninggalkan jauh ganda China dengan skor 17-9.

Pertahanan yang kuat hingga kesabaran pasangan Indonesia ini untuk meladeni permainan ganda China yang kerap menghadirkan reli-reli panjang dalam laga ini membuat mereka terus menjaga keunggulannya. Laga final ini pun dimenangkan dengan skor akhir di game kedua 21-15.

Kesuksesan ini membuat Greysia/Apriyani tak hanya membuat mereka menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka juga mengukir sejarah baru karena menjadi ganda putri pertama di Indonesia yang berhasil merebut medali emas di pentas Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Presiden AS Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ini Kata Ahli Geologi

Dengan begitu, Indonesia sudah merebut empat medali di Olimpiade Tokyo 2020. Tiga medali sebelumnya diraih di cabor angka besi, dengan rincian satu perak dan dua perunggu.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Jelang Lawan Persis Solo, Kondisi Fisik Pemain Persebaya Belum Ideal

Pelatih Persebaya Aji Santoso memastikan siap menghadapi laga uji coba melawan Persis Solo meskipun kondisi fisik pemain belum ideal.

Fixed! Liverpool Bakal Pawai Keliling Kota Rayakan Juara Akhir Mei Ini

Liverpool bakal merayakan gelar juara dengan pawai keliling kota pada akhir Mei 2022 ini.

Dampak Absennya Asnawi bagi Timnas, Begini Komentar Shin Tae-yong

Dengan kekalahan itu, Indonesia hanya mengulang pencapaian di SEA Games 2015 dan 2017 ketika skuad Garuda Muda juga gagal ke fase puncak.

Perolehan Medali SEA Games 2021: Posisi Indonesia Naik, Bersaing Ketat

Pada Jumat (20/5/2022), SEA Games 2021 akan kembali memperebutkan medali emas antara lain dari cabang biliar, catur, balap sepeda, espsorts, judo, karate, tenis meja, serta angkat besi.

Ribuan Suporter Persis Antusias Dapatkan Tiket Laga Melawan Persebaya

Dia mengatakan syarat penonton untuk pembelian tiket pertandingan Persebaya melawan Persis Solo harus sudah vaksin lengkap dan penguat (booster). Sementara, penonton untuk usia di bawah 15 tahun paling tidak sudah dua kali vaksinasi.

Duel Klasik, Indonesia Vs Malaysia dalam Perebutan Perunggu Sepak Bola

Indonesia dan Malaysia sama-sama kalah dengan skor 0-1 pada babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022).

Resmi Gabung Persis Solo, Ini Target Midfielder Asal Malang

Keseriusan manajemen untuk mendatangkan dirinya membuat Firmansyah semakin yakin bergabung dengan Persis Solo.

Tambah Pemain Baru Lagi, Persis Solo Kini Punya Dua Lestaluhu

Melalui pengalaman dan semangatnya sebagai pemain muda, Hamsa siap membawa tim Persis Solo untuk berbicara banyak di Liga 1 musim depan.

Indonesia Sudah Puluhan Tahun Puasa Emas Sepak Bola Putra SEA Games

Indonesia praktis tinggal punya harapan meraih perunggu, musuhnya pun tak enteng yaitu pemenang semifinal antara Vietnam dan Malaysia.

Jake Daniels dan Para Pesepak Bola Gay dalam Pusaran Liga Inggris

Penyerang muda berbakat Blackpool FC, Jake Daniels, 17, mengejutkan dunia dengan pengakuannya sebagai satu-satunya pesepak bola profesional Inggris yang berstatus sebagai gay.

Wakil Spanyol Paling Sering, Berikut Ini Daftar Juara Liga Europa

Ini adalah gelar Liga Europa kali kedua yang diraih Frankfurt setelah sebelumnya mendapatkannya pada 1980.

Rekor Jumlah Penonton Final Liga Europa, Siapa Terbanyak?

Laga seru final Liga Europa antara Eintracht Frankfurt versus Rangers disaksikan 38.842 penonton dari kedua tim.

Wow! Mesut Ozil Beri Kejutan akan Datang ke Indonesia

Mesut Ozil mengumumkan akan datang ke Indonesia melalui Instagram Story yang diunggah Kamis (19/5/2022).

Jadwal Live Semifinal SEA Games Thailand vs Indonesia, Pukul 16.00 WIB

Laga semifinal sepak bola putra SEA Games antara Thailand vs Indonesia akan disirakan langsung RCTI dan iNews dengan kick-off pukul 16.00 WIB.

Siap-Siap, Persis Solo Segera Jaring Talenta Muda

Sebelumnya, sebanyak 12 sekolah sepak bola (SSB) di Soloraya dinyatakan lolos verifikasi program Sinergi Akademi Sambernyawa Batch 1.